Orcid Belajar-Mengajar di Pinggir Ciliwung

Noer ArdiansjahNoer Ardiansjah - Minggu, 29 Mei 2016
Orcid Belajar-Mengajar di Pinggir Ciliwung
Organisasi Remaja Cinta Pendidikan Depok (Orcid) justru menggelar kegiatan belajar-mengajar di pinggir Ciliwung, Depok, Minggu (29/5). (Foto: MerahPutih/Noer Ardiansjah)

MerahPutih Megapolitan - Lazimnya, kegiatan belajar-mengajar berpusat pada sebuah bangunan. Namun, salah satu komunitas yang perhatian terhadap dunia pendidikan, Organisasi Remaja Cinta Pendidikan Depok (Orcid) justru menggelar kegiatan belajar-mengajar di pinggir Sungai Ciliwung.

Dengan mengikutsertakan adik-adik yang berjumlah puluhan, Orcid sendiri bergabung bersama Komunitas Ciliwung Depok dan rekan-rekan Politeknik Negeri Media Kreatif (Polimedia).

Selain belajar, menurut Muhammad Ihsan Qodri selaku pengajar di Orcid, kegiatan tersebut juga bertujuan untuk menanamkan kesadaran adik-adik terhadap lingkungan.

"Tidak hanya belajar. Kegiatan di sini untuk menanamkan kesadaran mereka terhadap kebersihan lingkungan. Kesadaran untuk itu harus dibiasakan, tidak bersifat instingtif," jelas Ihsan di pinggir Sungai Ciliwung, Grand Depok City, Depok, Ahad (29/5).

Sungai Ciliwung, kata Ihsan, perlu dijaga kelestarian serta kebersihannya karena sungai merupakan sumber kehidupan. "Selama ini kan masyarakat urban menjadikan sungai sebagai tempat pembuangan seperti limbah rumah tangga. Kami ingin mengubah mindset adik-adik dalam hal itu. Kami ingin terus berusaha memberikan edukasi kepada anak kecil bahwa sungai adalah sumber kehidupan, bukan sumber pembuangan," kata Ihsan. (Ard)

BACA JUGA:

  1. Komunitas Ciliwung Tuntut Pemprov DKI Pulihkan Hak Warga Atas Tanah Bukit Duri
  2. Teror Monyet Ciliwung, Praktisi Supranatural: Antara Pertanda Bencana dan Siluman
  3. Koloni Monyet Ciliwung Mulai 'Teror' Permukiman Warga Depok, Ada Apa?
  4. Sungai Ciliwung Destinasi Wisata Air Baru di Depok
  5. Walikota Depok Resmikan Pos Pantau Ciliwung
#Sungai Ciliwung
Bagikan
Ditulis Oleh

Noer Ardiansjah

Tukang sulap.
Bagikan