Teleskop Pelacakan Tercipta karena Orbit Makin Penuh Mampu mengamati satelit yang mengorbit Bumi di siang hari. (Foto: Unsplash/NASA)

JUMLAH satelit yang ditempatkan manusia di atas langit terus meroket. Akibatnya, untuk melacak keberadaan satelit operasional, satelit non-operasional, dan puing-puing yang rusak telah menjadi kebutuhan mendesak.

Beruntung, teleskop yang dikembangkan oleh perusahaan penelitian dan pengembangan Numerica dapat melakukan hal itu, bahkan di siang bolong. Laman Interesting Engineering menuliskan perusahaan tersebut menggambarkan teleskop mereka sebagai sistem teleskop berbiaya rendah.

Baca juga:

Satelit Kuno NASA Masuk Masa Pensiun dan Kembali ke Bumi

Teleskop tersebut mampu mengamati satelit yang mengorbit Bumi di siang hari pada ketinggian lebih dari 36.000 kilometer.

1
Menguji 2 prototipe di AS dan Australia. (Foto: Unsplash/NASA)

Perusahaan telah memproduksi dan menguji dua prototipe di Colorado, AS, dan Australia. Kabarnya, perangkat tersebut berhasil mendeteksi orbit rendah Bumi dan orbit geosynchronous (LEO dan GEO).

Perusahaan ini menyiapkan lebih banyak untuk jenis teleskop ini di lokasi berbeda dalam rencana Jaringan Teleskop Numerica mereka yang lebih luas.

Jeff Shaddix, penyelidik utama pelacakan siang hari mengatakan dalam siaran pers bahwa teknologi diaktifkan oleh kamera inframerah gelombang pendek berkecepatan tinggi, optik khusus, dan algoritme canggih. Yang lebih mengesankan adalah data pasokan dan algoritme kamera mereka menyortir.

Setiap menit 15 GB data diteruskan dari kamera dan algoritme pemrosesan gambar menggabungkan data untuk mengurangi noise mendekati batas teoretis. Jadi sinyal redup dari satelit yang biasanya tidak terdeteksi melalui sinyal optik standar dapat diambil.

Baca juga:

SpaceX Habiskan Uang Triliunan Tiap Bulan Demi 120 Satelit

2
Menerima paten AS pada 11 Agustus. (Foto: esa.int)

Catatan penting lainnya yang ditekankan Numerica adalah penghapusan kebutuhan peralatan pendingin kriogenik yang mahal. Yang merupakan komponen penting untuk beberapa sistem lain yang saat ini sedang dikembangkan.

Sistem yang dibangun oleh Numerica menerima paten AS pada tanggal 11 Agustus, akan dipresentasikan pada konferensi Advanced Maui Optical and Space Surveillance Technologies yang akan diadakan secara online pada September ini. (lgi)

Baca juga:

Berhasil! NASA Luncurkan Perseverance Rover ke Mars

Kredit : leonard


Leonard

LAINNYA DARI MERAH PUTIH