Orangtua, Tak Perlu Khawatir Jika Calon Menantumu Bukan Seorang PNS Tidak harus menjadi seorang PNS untuk mempunyai penghasilan lebih (Foto: Pixabay/StockSnap)

PEPATAH bijak mengatakan bahwa rezeki tidak akan tertukar dan uang akan selalu bisa dicari asal kamu mau berusaha. Tapi, namanya orangtua apalagi calon mertua pasti akan menilaimu dari pekerjaanmu saat ini. Melansir dari Monster.ca, dulu bagi mereka yang berjiwa seni sangat sulit untuk cocok dengan pekerjaan di luar passion. Berbeda dengan sekarang di mana kehidupan sudah serba modern sehingga nilai-nilai pekerjaan sedikit bergeser termasuk pekerjaan bidang kreatif dan seni.

Orangtua, stop menempatkan standar calon menantu hanya boleh seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS)! Karena ada banyak pekerjaan berbasis kreativitas yang ternyata penghasilannya bisa berkali-kali lipat dibanding pekerjaan dengan pendapatan dan tunjangan pasti, seperti seorang PNS.

Baca juga:

Hanya Bermain 'Video Game' Menjadi Kaya

Bisa jadi anakmu dilibatkan dalam proses kreativitas sehingga tidak hanya bertujuan untuk mengumpulkan uang tetapi bisa juga mengembangkan diri sendiri. Ada beberapa pilihan bekerja di bidang kreatif tidak perlu diragukan lagi pendapatannya di masa kini. Penasaran? Yuk intip ulasan di bawah ini.

1. Vlogger

Orangtua, Tak Perlu Khawatir Jika Calon Menantumu Bukan Seorang PNS
Vlogger (Foto: Pixabay/Ben_Kerckx)

Istilah Vlogger yang diambil dari video blogger merupakan pasar yang cukup diminati oleh hampir semua orang saat ini, khususnya milenial dan generasi Z. Dalam kesehariannya orang-orang sangat sering menggunakan YouTube untuk mencari informasi karena di sana sangat lengkap dan lebih mudah dicerna.

Saat ini orang yang bekerja dengan mengabadikan kesehariannya melalui video baik itu kehidupan sehari-hari atau melakukan review sesuatu kemudian disebarkan melalui YouTube dinamakan sebagai Vlogger. Jangan diremehkan dulu! Karena jika Vlogger bekerja dengan ketekunan, penghasilan yang di dapatkan bisa mengalahkan seorang PNS.

2. Selebgram

Orangtua, Tak Perlu Khawatir Jika Calon Menantumu Bukan Seorang PNS
Selebgram (Foto: FamilyPhotoStudio)

Nah ini dia pekerjaan yang diincar oleh anak muda di era serba digital saat ini. Tugasnya untuk menerima barang endorse dari toko online yang biasanya sedang ingin menambah pasar dan pelanggan. Para endorser akan mencari orang-orang terkenal di media sosial dan cukup bisa mempengaruhi masyarakat (influencer).

Mereka biasa disebut sebagai seorang selebgram. Pekerjaan ini juga bisa menghasilkan uang cukup banyak karena selebgram tidak hanya menerima barang yang harus direview tetapi juga uang sebagai tarif pribadi untuk mempromosikan suatu produk.

Baca juga:

Seperti Apa Sebenarnya Hidup dan Pekerjaan Seorang 'Influencer' Media Sosial?

3. Buka Kedai Kopi

Orangtua, Tak Perlu Khawatir Jika Calon Menantumu Bukan Seorang PNS
Buka kedai kopi (Foto: Pixabay/Free-Photos)

Kamu pasti sudah tahu kalau bisnis kopi kini sedang naik daun. Membuka kedai kopi sederhana bisa dimulai dengan modal kecil yang untungnya banyak lho.

Orang-orang pun banyak yang bekerja sebagai freelance dan tidak perlu ke kantor sehingga memilih kedai kopi sebagai tempat untuk menyelesaikan pekerjaannya. Anak sekolah zaman sekarang pun banyak yang memilih belajar atau sekedar menghabiskan waktu di kedai kopi.

4. Desainer seni

Orangtua, Tak Perlu Khawatir Jika Calon Menantumu Bukan Seorang PNS
Graphic artist (Foto: Pixabay/Rawpixel)

Meskipun zaman dulu pekerjaan ini masih dipandang sebelah mata, sekarang bayarannya bisa sangat besar lho. Melalui proses pergeseran nilai terutama dalam hal pekerjaan, sudah banyak orang yang berani bersuara untuk menuntut haknya salah satunya desainer seni.

Di era digital yang hampir tidak ada batasan ini, sudah seharusnya kita bisa memahami bagaimana keragaman dalam pekerjaan itu tetap harus dihargai, karena sama-sama 'sulit' meskipun medannya berbeda. (mar)

Baca juga:

4 Pekerjaan Ini Cocok untuk Kamu yang Gemar Bepergian



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH