Orangtua, Libatkan Si Kecil Ketika Melakukan 5 Kegiatan Ini Anak Kecil Bisa Lakukan Pekerjaan Orang Dewasa Juga kok (Foto: Pexels/Dam Tuong Quan)

ADA beberapa pekerjaan yang dilakukan untuk orang dewasa yang tidak bisa dilakukan oleh si kecil. Seperti membawa cucian kotor ke laundry, memasak makanan untuk sarapan atau makan malam, hingga melakukan pekerjaan keras seperti naik ke atap rumah untuk mengatur memperbaiki genting yang bocor.

Namun, kenapa tidak mencoba melilbatkan anak untuk membantu pekerjaan yang biasa dilakukan orang dewasa, dimulai dari hal-hal kecil saja. Dilansir dari laman Moms, pekerjaan ringan ini bisa dilakukan oleh si kecil kok! Siapa tahu si kecil ingin membantu orang tuanya yang sedang sibuk.

Baca juga:

Pupuk Tanggung Jawab Anak-Anak Sejak Dini

1. Mengelap Jendela

Orangtua, Libatkan Si Kecil Ketika Melakukan 5 Kegiatan Ini
Belajar Untuk Mengelap Jendela (Foto: Pexels/Flora Westbrook)

Terkadang anak kecil bisa saja mengotori jendela seperti menumpahkan makanan ataupun menggambar jendela dengan crayon ataupun spidol.

Kenapa tidak coba meminta si kecil untuk membersihkannya? Cobalah untuk memakai cairan pembersih yang eco-friendly, non-toxic, dan benar-benar aman untuk si kecil. Ajari si kecil bagaimana cara menggunakan dan membersihkan jendela dengan cairan tersebut.

2. Membersihkan Mobil

Orangtua, Libatkan Si Kecil Ketika Melakukan 5 Kegiatan Ini
Belajar Mencuci Mobil (Foto: Pexels/Victoria Borodinova)

Selain bisa membuat si kecil sibuk, orang tua bisa mencoba untuk mengajari si kecil untuk bisa membersihkan mobil.

Cobalah untuk memberikan si kecil ember dan spons cuci dan biarkan si kecil membersihkan bagian mobil yang belum dijamah.

Selain bisa menguatkan bonding kepada anak, anak pun juga bisa bersenang-senang sembari bermain air bersama orang tuanya.

Baca juga:

4 Aktivitas Penuh Manfaat untuk Mengisi Waktu Liburan Si Kecil

3. Merapikan Tempat Tidur

Orangtua, Libatkan Si Kecil Ketika Melakukan 5 Kegiatan Ini
Hal Sederhana Seperti Merapikan Tempat Tidur (Foto: Pexels/Kha Ruxury)

Memang merapikan tempat tidur adalah tugas orang dewasa yang paling susah dilakukan oleh si kecil untuk melakukannya.

Cobalah untuk meminta si kecil membereskan tempat tidurnya setelah ia bangun tidur, merapikan bantal dan guling, mengurusi selimut yang kisruh, dan mungkin saja mengganti sarung bantal dan guling.

Hal ini bisa dilakukan oleh si kecil kok! dan jika mereka bisa melakukan itu coba hadiahi si kecil dengan makanan kesukaannya di pagi hari.

4. Menyiram Tanaman

Orangtua, Libatkan Si Kecil Ketika Melakukan 5 Kegiatan Ini
Mengajari Anak Untuk Bercocok Tanam (Foto: Pexels/Maggie Zhao)

Faktanya, ketika orang dewasa melakukan apapun dan si kecil melihat orang dewasa tersebut, ia memiliki keinginan kecil untuk melakukan hal tersebut.

Kenapa tidak coba untuk mengajari si kecil menyiram tanaman? Si kecil bisa mendapatkan pengalaman besar dari menyiram tanaman, menanam, atau bahkan menjaga tanaman agar tetap segar. dan juga bisa mendapatkan pelajaran berupa tanggung jawab.

5. Mengatur Barang Di Kulkas

Orangtua, Libatkan Si Kecil Ketika Melakukan 5 Kegiatan Ini
Mengajari Anak Untuk Mengorganisir Kulkas (Foto: Pexels/Markus Spiske)

Ketika orang tua pulang kerumah setelah lelah berbelanja di supermarket. Kenapa tidak meminta si kecil aja untuk mengatur barang-barang di kulkas.

Cobalah untuk meminta anak membantu memisahkan mana yang harus diletakkan di bagian sayur, daging, dan rempah-rempah bisa membuat si kecil belajar dalam mengingat tempat.

Anak kecil suka sekali mengatur apapun yang ada di sekitarnya, jadi kenapa tidak mencoba mengajarkan si kecil untuk mengatur barang-barang di kulkas? (dnz)

Baca juga:

Bunda, Begini Cara Menumbuhkan Jiwa Sosial pada Anak



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH