Orangtua, ini Jurus Antimati Gaya saat Libur Anak Kelamaan Liburan di rumah juga bisa menyenangkan. (foto: pixabay/khamkhor)

ANAK-anak usia sekolah biasanya menikmati libur panjang saat pergantian tahun ajaran. Beberapa sekolah bahkan memberikan libur hingga 6 minggu lamanya. Libur tentu saja amat menyenangkan. Di waktu itu, buah hati kamu enggak mesti bangun pagi dan bersiap sekolah. Mereka bahkan bisa menikmati hari dengan bermain atau bahkan berwisata bersama orangtua.

Biarpun terdengar menyenangkan, durasi libur anak yang terlampau panjang justru bikin para orangtua mati gaya. Pasalnya, jika di hari sekolah anak menghabiskan hari dengan bersekolah, di hari libur kegiatan anak hanya terbatas di rumah atau jalan-jalan. Padahal, untuk pergi jalan-jalan setiap hari, kan butuh bujet yang lumayan. Lalu bagaimana ya caranya agar orangtua enggak mati gaya dalam menyediakan kegiatan liburan yang menyenangkan buat si kecil tanpa membobol kantong? Berikut beberapa tips yang bisa kamu coba.


1. Ajak anak ke kantor

Habiskan waktu bersama anak di kantor. (foto: timeanddate)

Kamu enggak libur di saat anak libur sekolah? Jangan khawatir, kamu tetap bisa menghabiskan waktu bersama si kecil. Caranya, ajak anak ngantor bersama.

Jika kantormu mengizinkan karyawan membawa anak ke kantor, jangan ragu untuk mengajak buah hatimu bersama. Beberapa kantor menyediakan ruang nursery yang cukup memadai. Anak bisa bermain di sana atau mengeksplorasi kantor. Hal itu akan memberikan anak kesempatan menyerap pengetahuan dan pengalaman tentang pekerjaan orangtua mereka.


2. Staycation

Saat sudah bosan di rumah, tapi bujet tak memungkinkan untuk traveling jauh, ajak saja anak-anak untuk staycation dengan menginap di hotel yang tak terlampau jauh dari rumah. Pilihlah hotel yang punya fasilitas menyenangkan buat anak, termasuk kolam renang. Perubahan suasana tentunya akan sangat menyegarkan.


3. Gelar pesta menginap

Gelar pesta menginap dengan gaya camping dan barbekyu. (foto: pixabay/stocksnap)

Jika anak-anak punya banyak teman di sekitar rumah atau sekolah, tak ada salahnya menggelar pesta menginap di rumah. Biar makin seru, gelar pesta menginap dalam bentuk berkemah. Kamu bisa mendirikan tenda di halaman rumah, sediakan space untuk barbekyu dan bermain. Jangan lupa sajikan marshmallow, jagung, ataupun sosis untuk dibakar.


4. Menginap di rumah saudara

Bermain board game bersama saudara pasti seru. (foto: pixabay/nietjuh)

Salah satu keuntungan punya saudara yang tinggal sekota ialah kamu enggak pernah kehabisan tempat untuk melepas kebosanan. Lebih seru lagi jika saudara sekota itu punya anak yang seumuran dengan buah hatimu. Menghabiskan waktu menginap selama seminggu pasti akan amat menyenangkan. Fasilitasi anak dengan aneka permainan papan yang seru, seperti ular tangga, ludo, uno, atau monopoli. Bermain bersama saudara pasti seru.


5. Bersih-bersih rumah

Liburan bukan berarti hanya bersenang-senang kan. Tak ada salahnya untuk melakukan hal-hal bermanfaat seperti membersihkan rumah. Ajak anak merapikan kotak mainan atau lemari baju mereka. Jika anak sudah cukup besar, kamu boleh mengajak anak mengecat ulang kamarnya. Mereka pasti akan senang bermain dengan cat dan warna.

Bagaimana, berlibur tak mesti mengeluarkan bujet yang besar kan. Di rumah pun kamu dan anak-anak bisa bersenang-senang lo.(dwi)

Kredit : dwi


Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH