Orang Tua Sehat Mental karena Sering Menggunakan Internet Orang tua yang gemar mengakses internet cenderung memiliki kesehatan mental yang baik. (Foto: Pexels/Pixabay)

SUDAH umum disampaikan bila menggunakan internet dalam kapasitas secukupnya saja. Namun riset baru malah menyarankan agar orang tua lebih seing menggunakan internet.

Namun sebaliknya dari hasil-hasil riset yang dilakukan pada remaja menunjukkan bahwa penggunaan internet yang terlalu sering justru memperburuk kesehatan mental mereka.

Baca Juga:

'Prime Time' Aktivitas Internet Masyarakat Indonesia Jam 8 Malam

Laman Webmd menuliskan bahwa anak muda yang awalnya tidak memiliki masalah kesehatan mental namun saat mereka mulai menggunakan internet secara patologis dapat memiliki depresi sebagai konsekuensinya.

1. Skor penelitian

internet
Ada efek positif jangka panjang pada penggunanya. (Foto: Pexels/Andrea Piacquadio)


UCL melakukan sebuah studi yang dipublikasi di Journal of Medical Internet Research pada 28 Juli 2020. Studi ini mengeksplorasi lebih dari sembilan ribu orang di atas usia 50 selama enam tahun dari 2012-2017. Para peneliti menemukan efek positif jangka panjang dari penggunaan internet setiap hari daripada yang jarang terkait dengan tingkat kepuasan hidup di antara orang tua.

Diukur dari 5 (kepuasan terendah) hingga 35 (kepuasan tertinggi), responden yang menggunakan internet setiap hari melaporkan rata-rata skor kepuasan hidup 26,12. Dibandingkan dengan 24,44, skor mereka yang menggunakan internet setiap bulan atau kurang.


2. Depresi

internet
Skor depresi pada orang tua lebih rendah. (Foto: Pexels/cottonbro)

Studi menemukan bahwa mereka yang menggunakan internet setiap hari memiliki skor depresi rata-rata yang lebih rendah sebesar 1,02. Angka itu berbanding dengan mereka yang tidak pernah menggunakan internet sebesar 1,76. Skor ini diukur dengan skala dari 0 hingga 8 (dimana 0 menunjukkan tidak ada gejala depresi).

Kemudian dampak pada kesejahteraan mental, ditemukan bervariasi tergantung jenis penggunaan internet. Yang paling umum adalah penggunaan internet untuk mengakses informasi dan untuk berkomunikasi, 68% dan 66% berdasarkan laporan responden.

"Orang yang menggunakan internet untuk berkomunikasi dan tetap berhubungan dengan orang lain. Khususnya untuk mengirim email, lebih mungkin memiliki tingkat depresi yang lebih rendah, serta kepuasan hidup yang lebih baik daripada mereka yang tidak," tulis studi UCL.

Baca Juga:

4 Tips Menghemat Kuota Internet, Gimana Sih?

3. Akses informasi

internet
Lebih memiliki kepuasan hidup. (Foto: Pexels/Andrea Piacquadio)


Sementara mereka yang menggunakan internet untuk mengakses informasi, khususnya mencari pekerjaan, memiliki kepuasan hidup yang lebih buruk dibandingkan dengan mereka yang tidak, bahkan ketika status pekerjaan dipertimbangkan.

Mereka juga menemukan bahwa orang-orang tua yang lebih kaya, memiliki pendidikan atau pekerjaan yang tinggi lebih mungkin untuk merasakan dampak positif.

Untuk membantu masalah ini dan meningkatkan kesejahteraan mental para orang tua. Peneliti UCL merekomendasikan untuk mendorong mereka menggunakan internet untuk bersosialisasi, yang dapat membantu mengurangi dampak isolasi sosial dan kesepian.

Saat ini, menurut penelitian, sekitar 56% orang tua menggunakan internet setiap hari. (lev)


Baca Juga:

Butuh Kesepakatan Antar Anak dan Orangtua Dalam Penggunaan Internet


Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH