Orang Terkaya Indonesia Beli Klub Kasta Ketiga Liga Italia, Ini Tujuannya Logo Como 1907. Foto: Net

MerahPutih.com - Duo pemilik Grup Djarum Robert Wijaya Suwanto dan Robert Budi Hartono membeli klub kasta ketiga Liga Italia, Como 1907. Akusisi tim berjuluk I Lariani terjadi pada April 2019.

Pengambilalihan Como 1907 dilakukan oleh perusahaan Inggris, SENT Entertainment yang merupakan anak perusahaan Grup Djarum. Nantinya, Como 1907 akan menjadi 'rumah' bagi tim Garuda Select II.

Baca Juga

Keluarga Sofjan Wanandi Miliki Saham Minoritas Klub Divisi Tiga Inggris

Seperti diketahui, dua bersaudara ini merupakan orang terkaya di Indonesia dengan kekayaan mencapai 35 miliar dollar AS (setara Rp 494 triliun) menurut data Forbes.

Robert Wijaya Suwanto dan Robert Budi Hartono
Robert Wijaya Suwanto dan Robert Budi Hartono

Como merupakan salah satu klub tertua di Italia. Berdiri sejak 1907, perjalanan Como memang bagaikan yoyo. Mereka kerap naik turun kasta. Terakhir, pasukan pelatih Marco Banchini baru saja promosi ke Serie C dari Serie D.

Pembelian Como tidak lepas dari masalah finansial yang membelit tim dari provinsi Lombardy itu. Mereka dinyatakan bangkrut pada 2005 dan 2017.

"Kami membeli tidak sampai Rp 5 miliar. Istilahnya kami menembus di pegadaian," kata Mirwan Suwarso selaku perwakilan MolaTV, yang juga termasuk anak usaha Grup Djarum.

Baca Juga

Tinggalkan Inter Milan, Erick Thohir Merapat ke Klub Kasta Ketiga Inggris

Kondisi Como sangat memprihatinkan. Stadion Stadion Giuseppe Sinigaglia, yang berkapasitas 13.602 penonton itu memiliki kualitas rumput yang buruk. Atap stadion juga sudah terkelupas catnya.

"1 Juli kemarin enggak punya pemain sama sekali. Aset yang gak keurus kita poles lagi," sambungnya.

Stadion Giuseppe Sinigaglia
Stadion Giuseppe Sinigaglia

Grup Djarum pun mempunyai alasan kuat mengakusisi klub yang pernah bermain di Serie A itu. Markas Como akan dijadikan 'rumah' bagi Garuda Select yang kini tengah belajar di Inggris dan menjalani laga uji coba di Negeri Pisa.

Baca Juga

Erick Thohir Temui Wali Kota Solo, Buka Puluang Jadi Investor Persis Solo

"Tujuannya ini untuk rumah pelatihan Tim Garuda Select. Garuda Select enggak punya rumah di Inggris, sekarang mereka punya," tegasnya.

Saat ini, Como 1907 berada di posisi kesembilan klasemen sementara Serie C 2019-2020 dengan 13 poin dari sembilan laga yang sudah dimainkan. (*)


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH