Orang dengan HIV dan AIDS (ODHA) Juga Bisa Traveling Dengan pengaturan yang tepat, ODHA bisa traveling dengan aman. (foto: pixabay/the Andras barta)

HIV/AIDS merupakan virus yang yang merusak sistem kekebalan tubuh dengan cara menghancurkan dan menginfeksi sel CD4. Para ODHA (HIV/AIDS) cenderung memiliki daya tahan tubuh yang lemah dan gampang terserang penyakit dan menghindari bepergian jauh-jauh.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, ODHA juga bisa loh traveling dengan aman.

1. Cek informasi destinasi

informasi destinasi
Cek informasi detail tentang destinasi. (foto: pixabay/mailmaik)

ODHA yang ingin bepergian ke luar negeri, cobalah untuk mengecek informasi seputar destinasi yang sudah ditentukan. Jangan bergantung pada brosur, panduan, atau travel agent untuk mendapatkan informasi kesehatan yang kamu butuhkan. Everydayhealth.com menyarankan ODHA untuk mengecek situs resmi https://wwwnc.cdc.gov/travel/destinations/list untuk informasi spesifik tentang HIV/AIDS di negara yang ingin dikunjungi.

Dengan memilih negara dan mencentang kolom 'immune-compromised travelers', kamu bisa mendapatkan iformasi seputar rekomendasi vaksin dan obat-obatan serta tips perjalanan yang telah diperbaharui secara berkala.

2. Cek asuransi kesehatan

asuransi kesehatan
Pastikan hal-hal yang akan ditanggung asuransi. (foto: medical news for student)

Kamu harus memastikan apa saja yang akan ditanggung asuransi kesehatanmu ketika berpergian. Kamu juga harus memastikan apakah perusahaan asuransi kesehatanmu akan membayar transpormu jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Jangan lupa untuk selalu membawa kartu asuransimu ke mana-mana.

3. Siapkan obat-obatanmu dengan lengkap

obat penderita ODHA
Bawa obat-obatan lebih untuk cadangan. (foto: CNN)

Pastikan selalu membawa obat-obatan dan jangan sampai menyimpannya di bagasi. Bawa obat-obatan dengan dosis yang lebih banyak, sebisa mungkin dua kali lipat dari dosis biasanya untuk berjaga-jaga misalnya pesawatmu terkena delay atau kamu kehilangan obat-obatanmu. Selain itu, jangan lupa untuk selalu membawa resep dokter.


Jika kamu bepergian ke daerah dimana ada penyakit yang ditularkan nyamuk, seperti demam berdarah, demam kuning, dan malaria, siapkanlah persediaan obat nyamuk dengan DEET minimal 30% serta sediakan kelambu nyamuk untuk berpergian.

4. Perhatikan makanan dan minuman yang kamu konsumsi

produk susu dan olahan
Hindari makan produk susu dan olahannya. (foto: deccan herald)

Hindari konsumsi makanan dan minuman yang bisa menyebabkanmu terjangkit penyakit, bakteri atau parasit meliputi:
- Air keran atau es batu yang dibuat dari air keran
- Makanan mentah atau setengah matang
- Street food
- Sayur dan buah-buahan mentah yang tidak kamu kupas sendiri
- Botol air yang sudah pernah dibuka
- Jangan mengonsumsi produk yang terbuat dari susu mamalia (dairy products) seperti susu sapi, kambing, unta, manusia, dan makanan seperti yogurt, keju, dan butter yang tidak di pasteurisasi.

5. Sediakan kondom

seks pake kondom
Pastikan melakukan seks yang aman. (foto: elitedaily.com)

Jika kamu berencana untuk melakukan hubungan seks, bawa dan gunakanlah alat pelindung seperti kondom untuk mencegah penularan virus ketika liburan.(shn)


Tags Artikel Ini

Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH