Orang Cerdas Cenderung Keren, Penelitian: IQ Tinggi Bikin Awet Muda Tom Cruise tampak awet muda di usia 57 (Foto: elintranews)

USIA biologis manusia sangat jarang cocok dengan apa yang sebenarnya kita rasakan. Ada terlalu banyak faktor yang membuat wajah kita tampak lebih tua maupun lebih muda, termasuk stres, status ekonomi, rutinitas sehari-hari, dan seperti yang ditunjukkan oleh sebuah penelitian, yaitu kecerdasan.

Idenya adalah bahwa IQ yang tinggi pada akhirnya menghasilkan perasaan dan penampilan yang lebih muda dari usia sebenarnya pada tahun-tahun berikutnya. Namun, bagaimana caranya? Yuk ketahui lebih banyak tentang bagaimana IQ memengaruhi kesehatan dan penampilan kita seiring bertambahnya usia.

Baca juga:

Mengapa Orang Pintar Mengalami Kesulitan dalam Urusan Percintaan?

1. Perasaanmu tentang usia dapat memengaruhi tampilan fisik

Perasaanmu tentang usia dapat memengaruhi tampilan fisik
Terlalu memikirkan penuaan diri membuat kamu depresi dan tampak tua (Foto: Pixabay/geralt)

Penelitian ini sangat menarik dan pertama kali dimulai pada tahun 1957. Saat itu, para peneliti mengukur IQ pada siswa sekolah menengah dan kemudian bertanya tentang 'usia batin' mereka dari tahun 1992 hingga 1993 dan pada tahun 2011, ketika mereka berusia 71 tahun.

Kesimpulannya adalah orang-orang dengan kecerdasan yang lebih tinggi terasa lebih muda dari usia mereka yang sebenarnya. Namun, bagaimana usia batin seseorang memengaruhi penampilan mereka jika didasarkan pada perasaan?

Jika kamu selalu merasa telah lebih tua dan merasa fisik melemah, hal itu akan membuat kamu depresi dan rentan terkena penyakit. Sebaliknya, jika kamu selalu merasa masih muda atau tidak merasa lebih tua dan melemah, maka kamu akan semakin bahagia dan semakin bersemangat menjalani kehidupan.

Baca juga:

Jarang Mandi Justru Bikin Awet Muda, Apa Iya?

2. Orang cerdas lebih mudah mengatasi stres

Orang cerdas lebih mudah mengatasi stres
Orang cerdas dapat mengatasi stres (Foto: Pixabay/RondelMelling)

Stres adalah penjahat terbesar dalam perjuangan kaum muda belakangan ini, karena sebenarnya stres dapat mempercepat penuaan pada tingkat sel.

Orang-orang dengan IQ tinggi lebih mampu memprioritaskan masalah mereka, yang membantu mereka untuk fokus pada penyelesaian satu hal daripada menekankan segala sesuatu sekaligus.

Mereka siap menghadapi tantangan yang datang bersama usia yang lebih tua dan tidak merasa atau memikirkan penuaan pada dirinya.

3. Tentang menjalani kehidupan sehat

Tentang menjalani kehidupan sehat
Hidup sehat membuat diri tampak lebih muda dari usia kita (Foto: Unsplash/omidarmin)

Pada akhirnya, apa yang kita makan dan bagaimana merawat tubuh kita adalah hal yang paling penting. Dibutuhkan komitmen besar untuk benar-benar mempertahankan gaya hidup sehat.

Orang cerdas tahu bahwa tubuh dapat menderita jika tidak membiasakan hidup sehat, maka mereka bermotivasi untuk menjaga diri mereka sendiri.

Sedangkan, orang dengan kecerdasan rendah mungkin hanya mengetahui tampilan fisiknya saja. Jadi ada baiknya belajar lebih banyak tentang tubuh kamu dan apa yang membahayakannya. Mulai sekarang, jangan terlalu sering memikirkan tentang penuaan pada diri kamu sendiri ya! (arb)

Baca juga:

Muach! Ciuman di Bibir Bikin Awet Muda



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH