Optimisme Tim Panahan Indonesia Dapat Empat Medali Emas di SEA Games 2021

Zulfikar SyZulfikar Sy - Jumat, 13 Mei 2022
Optimisme Tim Panahan Indonesia Dapat Empat Medali Emas di SEA Games 2021
Pemberangkatan tim panahan Indonesia menuju SEA Games 2021 di Bandara Soekarno - Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (13/5) pagi. (Foto: MP/Kanugrahan)

MerahPutih.com - Tim nasional panahan menjadi harapan Indonesia di SEA Games 2021.

Berangkat ke Hanoi, Vietnam dengan kekuatan penuh, Riau Ega Agatha dan kawan-kawan bertekad memborong medali emas di ajang multievent itu.

Manajer tim panahan Indonesia Ary Koeswiranto menyebut, panahan menurunkan kekuatan penuh. Mereka terdiri dari 10 atlet dibantu lima ofisial.

Baca Juga:

Presiden Vietnam Doakan SEA Games 2021 Sukses Besar

Di cabang ini, Indonesia akan mengikuti di dua divisi.

Yakni divisi recurve yang diikuti enam putra kemudian empat putri, dan compound yang diikuti tiga putra dan satu putri.

"Kami targetkan empat medali emas. Dua dari compound dan dua dari recurve," kata Ary di Bandara Soekarno - Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (13/5) pagi.

Ary menyebut, target itu lebih tinggi ketimbang perolehan medali mereka di SEA Games 2019 Filipina lalu. Saat itu, mereka hanya mendapatkan dua medali emas.

Dengan percaya diri, Ary memastikan timnya sudah mempersiapkan dengan baik dan atlet berupaya menyesuaikan jadwal pertandingan di Vietnam. Mengingat panahan adalah jadwal terukur yang bisa diprediksi hasilnya.

"Kami harap mereka tenang dalam menghadapi panggung di pertandingan nanti," sebut Ary yang memakai jaket ofisial tim Indonesia ini.

Soal lawan berat di SEA Games nanti, Ary menyebut semua lawan memiliki peluang sama untuk menang.

Ary hanya berpesan atlet menjaga stamina dan mampu menikmati setiap pertandingan.

"Sehingga mereka mampu menjalankan pertandingan dengan baik dan tenang," jelas Ary seraya berharap doa dan dukungan dari rakyat Indonesia.

Baca Juga:

Ketua NOC Angkat Topi Atas Kemeriahan Opening Ceremony SEA Games Vietnam

Sementara itu, saat melepas keberangkatan atlet dan oficial ke Vietnam, Komite Eksekutif (KE) National Olympic Committee (NOC) Indonesia Suryo Agung Wibowo meminta atlet menikmati setiap pertandingan.

Suryo berujar, di tengah persiapan yang berjalan matang, jangan sampai konsentrasi atlet terganggu oleh hal non-teknis.

"Jangan sampai hal sepele meruntuhkan semua. Tetap fokus saja," jelas pria berjuluk "manusia tercepat di Asia Tenggara" ini dengan nada bicara optimis.

Suryo yang juga mantan sprinter terbaik Indonesia ini meyakini, cabang panahan mampu menyumbangkan yang terbaik untuk Indonesia.

"Saya yakin teman-teman panahan mampu mencapai target," jelas pria kelahiran Surakarta, Jawa Tengah ini.

Ia pun meminta masyarakat Indonesia memberikan doa dan dukungan untuk tim panahan maupun cabang olahraga lainnya.

"Dukungan bisa di media sosial atau lewat doa bisa membuat kepercayaan diri hingga semangat mereka menjadi lebih meningkat," kata Suryo yang mengenakan jaket ofisial tim Indonesia dipadu topi hitam ini.

Diketahui panahan merupakan salah satu cabang olahraga dari 31 cabor yang diikuti Indonesia di SEA Games 2021 ini.

Di kategori recuve putra, cabor panahan ini akan dimainkan oleh atlet timnas Indonesia bernama Riau Ega Agata Salsabila, Arief Dwi Pangestu, Alviyanto Bagas Prastadi, dan Risnawanto Putra Aditya.

Sementara pada kategori compound putra terdiri atas Deki Adika Hastian, Prima Wisnu Pradhana, dan Hendika Pratama Putra.

Sedangkan untuk kategori recurve putri dalam SEA Games 2021 diwakili oleh Rezza Octavia dan Pande Putu Gina Putri. Sementara di kategori compound akan diwakili oleh Sri Ranti, atlet asal Jawa Barat.

Adapun jadwal pertandingan cabor panahan dalam SEA Games 2021 di antaranya adalah Matchday pada 15-17 Mei 2022 dan Medal Day pada 18-19 Mei 2022.

Sejarah mencatat panahan memang seringkali menjadi penyumbang medali di berbagai ajang multicabang. (Knu)

Baca Juga:

Peluang Menambah Koleksi Medali Emas dari Wushu di SEA Games Vietnam

#Atlet Panahan #SEA Games #Sea Games 2021
Bagikan
Bagikan