Optimalkan e-Tilang, Polisi Akan Tiru e-Toll

Zaimul Haq Elfan HabibZaimul Haq Elfan Habib - Rabu, 01 November 2017
Optimalkan e-Tilang, Polisi Akan Tiru e-Toll
Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

MerahPutih.com - Kepolisian Daerah Jawa Timur mengakui penerapan elektronik tilang (e-tilang) berbasis closed circuit television (CCTV) di kabupaten/kota yang ada di wilayah itu perlu dioptimalkan.

"Penerapan e-tilang di seluruh Indonesia sudah diberlakukan. Memang beberapa kabupaten/kota belum maksimal. Tapi untuk denda seluruhnya sudah di Jatim tinggal penerapan belum optimal," kata Dirlantas Polda Jatim Kombes Pol Ibnu Isticha seperti ditulis Antara, Rabu (1/11).

Ia menjelaskan, ada beberapa hal yang membuat belum optimalnya e-tilang, antara lain tidak semua orang mempunyai kartu kredit atau debit untuk membayar e-tilang tersebut sehingga tetap ditilang secara manual.

"Tidak semua orang punya kartu debit atau kredit, jadi kalau kena tilang tetap manual dan berarti prosesnya tetap sidang di pengadilan," ujarnya.

Pihaknya dan Samsat berharap per 1 November 2017 penerapan khusus untuk Surabaya Timur pembayaran harus non-tunai. Dirinya mencontohkan pembayaran di tol yang memaksakan non-tunai.

"Kalau tol bisa memaksakan kenapa kita tidak bisa, ini pengembangan. Untuk yang tidak punya kartu debit atau kredit akan diarahkan ke Samsat Barat atau yang lain," katanya.

Selain itu, pihaknya berharap per 1 Januari 2018 Smart Samsat di seluruh Surabaya sudah berlaku non-tunai.

Jika ada masyarakat yang tidak mempunyai kartu kredit atau debit, dirinya mempersilakan untuk membayar di bank dan tidak ada lagi pembayaran di Samsat. (*)

#E-Tilang #Polisi
Bagikan
Ditulis Oleh

Zaimul Haq Elfan Habib

Low Profile
Bagikan