'Opinium', Aplikasi Penguji Hoax Karya Arek-arek Suroboyo

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Kamis, 03 Mei 2018
'Opinium', Aplikasi Penguji Hoax Karya Arek-arek Suroboyo
Ilustrasi. (Foto: Ist)

Merahputih.com - Sejumlah pemuda di Jawa Timur dibawah Yayasan Pawiyatan Suluh Nagari membuat aplikasi penguji informasi berita bohong atau hoaks bernama 'Opinium'. 'opinium' diluncurkan bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di Surabaya, Rabu (2/5).

Inisiator Opinium, M Hasanudin mengatakan, aplikasi ini untuk menguji hoaks dan bukan mesin pembuat keputusan yang "tagline" unggah, uji, dan ungkap.

"Jadi, setiap orang mengunggah informasi yang ingin diketahuinya atau yang sudah diketahuinya, kemudian informasi tersebut diujikan kepada komunitas di opinium. Dari situ, si pengguna yang akan memutuskan sendiri," katanya.

Dia menjelaskan, proses pengujiannya berdasar interaksi komunitas yang tergabung di dalam opinium. Setiap orang berhak mengemukakan pendapatnya. Tetapi, bukan "one man one vote", karena setiap pendapat di dalam opinium itu memunyai bobot yang berbeda.

Hoax. Foto: Pixabay
Hoax. Foto: Pixabay

"Bobot ini ditentukan reputasi si pemberi vote. Nah, bobot ini yang akan menentukan nilai persentase pada informasi yang diujikan itu," ujarnya.

Informasi yang bisa diunggah ke opinium bukan hanya url atau sumber dari internet yang memunyai alamat, tapi bisa juga dari pesan broadcast WhatsApp, Line, Telegram, foto, serta video.

Penasehat Opinium, Sabrang Mowo Damar Panuluh mengungkapkan, setiap postingan di Opinium mengandung topik. Reputasi pengguna akan sebuah topik dibangun setelah mampu memberikan kontribusi.

"Karena kamu dapat reputasinya bukan dari merespons, tapi dari responsmu yang direspons orang lain. Orang lain yang merasa dapat manfaat dari respons tadi," kata pria yang akrab disapa Noe Letto ini dikutip Antara.

Ilustrasi Fake News. (Pixabay)

Noe mengaku, di Opinium reputasi dirinya tinggi di topik agama, setelah itu politik, dan internasional. Ketika ada yang pilih urusan agama, bobot Noe akan lebih berat dibanding orang yang tidak punya bobot di urusan agama. Hal ini, lanjut dia, untuk menghadapi akun anonim dan buzzer.

"Misalkan di sini kamu punya akun 100 dengan 'vote truth' terus, bobotnya bisa tetap kecil karena kamu belum membangun reputasi," kata dia.

Sebagai sebuah aplikasi, pihaknya tetap meminta adanya timbal balik dari pengguna opinium. "Misalkan ada masukan bagusnya begini. Kemudian ada crash di aplikasi, silakan beri masukan. Karena ini akan terus berkembang," ucapnya. (*)

#Berita Hoax
Bagikan
Bagikan