Operator Remote Control Dua Mobil Robot Damkar DKI Miliki Linsensi Internasional Petugas Damkar DKI mengoperasikan mobil robot dengan menggunakan remote control (MP/Asropih)

MerahPutih.Com - Pemprov DKI melalui Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI Jakarta membeli dua alat baru mobil robot seharga Rp40 Miliar.

Pertama robot MVF5-U3 seharga Rp32 miliar yang dibeli dari negara Kroasia dan LUF60 dengan harga Rp8 miliar dari Austria.

Baca Juga:

Pemprov DKI Beli Robot Pemadam Kebakaran Rp37,4 M, Ini Manfaatnya

Kepala Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI Satriadi Gunawan mengatakan kedua robot pemadam kebakaran itu dikendalikan oleh betugas Damkar menggunakan remote control.

Mobil robot pemadam kebakaran milik Dinas Damkar DKI Jakarta
Mobil robot pemadam kebakaran milik Dinas Damkar DKI Jakarta (MP/Asropih)

Satriadi menjelaskan, operator pengendali robot itu tak bisa orang sembarangan, harus petugas yang sudah berlisensi internasional.

Hingga kini kata Satriadi, baru ada empat petugas Damkar DKI yang memiliki lisensi sebagai operator mobil robot tersebut.

"Sekitar 4 orang yang sudah punya lisensi. Tapi yang dididik kemarin 12 orang. 12 orang itu pada prinsipnya sudah bisa semua, tapi yang mendapat lisensi hanya 4 orang," kata Satriadi usai kegiatan demonstrasi dua mobil robot di kantor Damkar DKI, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (13/2).

Untuk mendapatkan liseni ini kata Satriadi, para calon operator harus melakukan pelatihan selama kurun waktu sampai lima belas hari di kawasan Ciracas, Jakarta Timur.

Pelatihan ini, sambungnya, dilatih langsung oleh pihak dari negara asal robot yakni Kroasia dan Austria.

Mobil robot damkar DKI Jakarta dikendalikan petugas yang berlisensi internasional
Mobil robot pemadam kebakaran harus dikendalikan oleh petugas yang memiliki lisensi internasional (MP/Asropih)

"Yang 12 orang itu termasuk dididik mekaniknya, elektriknya, termasuk yang mengoperasionalkannya," papar dia.

Satriadi menjelaskan, bahwa pengadaan dua mobil robot ini juga mendapat garansi dari negara asal selama lima tahun. Garansi itu juga termasuk spare part atau suku cadang.

Baca Juga:

Kebakaran Tempat Karaoke di Jatinegara, Puluhan Petugas Damkar Diterjunkan

Satriadi mengaku, suku cadang onderdil dua mobil robot pemadam api itu sudah ada di Jakarta yang disimpan di kawasan Ciracas, Jaktim.

"Spare part cadangan itu sudah ada dalam kontainer yang disiapkan di Ciracas. Cadangan ini digunakan apabila ada trouble," tutupnya.(Asp)

Baca Juga:

Jakarta Rutin Kebakaran, Anies Imbau Warga Perhatikan Instalasi Listrik

Kredit : asropih


Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH