Operasional PT Freeport Tak Terganggu Serangan KKB Sejumlah haul truck dioperasikan di area tambang PT Freeport Indonesia. (Antara Foto/Muhammad Adimaja)

Merahputih.com - Operasional PT Freeport Indonesia di Tembagapura sama sekali tidak terganggu dengan adanya penyerangan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) terhadap mobil patroli Polsek Tembagapura, Senin (2/3).

"Operasional PT Freeport masih berlangsung normal seperti biasa. Kejadian kemarin itu di luar area Freeport," kata Kapolres Mimika, AKBP I Gusti Gede Era Adhinata, Selasa (3/3).

Baca Juga:

Polisi Temukan Spot KKB Pimpinan Joni Botak Saat Tembaki Bus Freeport

Kasus penembakan terhadap mobil patroli Polsek Tembagapura terjadi di luar area pertambangan PT Freeport Indonesia. Tepatnya di Kampung Utikini Lama saat anggota Polsek Tembagapura hendak melakukan kegiatan patroli dialogis rutin.

Semua kendaraan yang melintas di jalan poros tambang dari Timika menuju Tembagapura dan sebaliknya tetap akan dilakukan pengawalan oleh aparat sesuai dengan standar operasi prosedur (SOP) yang berlaku selama ini.

Lokasi penambangan tembaga PT. Freeport Indonesia di Timika, Papua. (ist)

Sehubungan dengan situasi sekitar Kota Tembagapura yang kurang kondusif itu, pimpinan MPR dan DPD RI yang saat ini tengah melakukan kunjungan kerja ke Papua termasuk Timika akhirnya memutuskan tidak melakukan peninjauan ke area pertambangan PT Freeport Indonesia di Tembagapura.

"Dalam rapat terakhir telah diputuskan tamu-tamu dari MPR dan DPD RI tidak jadi ke Tembagapura agar tidak mengganggu konsentrasi anggota yang saat ini sedang melakukan pengamanan di wilayah sekitar Tembagapura," jelasnya.

Sejumlah pimpinan MPR dan DPD memulai kunjungan kerja di wilayah Papua sejak Selasa pagi. Setiba di Bandara Mozes Kilangin Timika, rombongan pimpinan MPR dan DPD melanjutkan perjalanan menuju Wamena, ibu kota Kabupaten Jayawijaya dan selanjutnya akan bertolak ke Jayapura.

Baca Juga:

Polisi Harap Kendaraan yang Melintas Jalan Tambang Freeport Dipasang 'Armor'

Rombongan akan kembali ke Timika pada Selasa petang dan dijadwalkan akan menggelar pertemuan dengan jajaran Forkopimda Mimika bertempat di Hotel Rimba Papua Timika pada Selasa malam.

Selanjutnya, sebagaimana dikutip Antara, pada Rabu (3/3), rombongan pimpinan MPR dan DPD RI akan meninjau area reklamasi tailing PT Freeport Indonesia di Mile 21 Maurupauw, mengunjungi Institut Pertambangan Nemangkawi Kuala Kencana dan Mimika Sport Complex yang dibangun oleh PT Freeport Indonesia untuk menunjang penyelenggaraan PON XX Papua pada Oktober-November mendatang. (*)



Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH