Operasi Patuh Jaya 2021 Dimulai, Catat Empat Target Operasinya

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Senin, 20 September 2021
Operasi Patuh Jaya 2021 Dimulai, Catat Empat Target Operasinya
Polisi menindak pelanggar dalam Operasi Patuh Jaya di Jakarta Pusat, Kamis (23/7/2020). (ANTARA/HO/Satlantas Polres Metro Jakarta Pusat)

Merahputih.com - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menggelar operasi lalu lintas dengan sandi Operasi Patuh Jaya mulai Senin (20/9) selama 14 hari ke depan

Polisi memiliki empat target operasi yang diutamakan dalam Operasi Patuh Jaya 2021. Pertama, yakni memutus mata rantai penyebaran COVID-19 serta mencegah kerumunan massa.

Baca Juga

Operasi Patuh Jaya Incar Pengendara Bandel Protokol Kesehatan

Kedua, agar menciptakan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas di jalur-jalur titik rawan macet dan titik rawan pelanggaran. Bahkan, nantinya juga akan diterapkan di beberapa titik tempat wisata.

Kemudian, Operasi Patuh Jaya kali ini juga diharapkan dapat memperlancar arus lalu lintas dan menurunkan jumlah kecelakaan lalu lintas.

Ilustrasi (MP/Rizky Fitrianto)

"Yang terpenting, Operasi Patuh Jaya kali ini diharapkan dapat menurunkan level PPKM di wilayah Jawa-Bali dan luar Jawa-Bali," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Yugo Purnomo dalam keterangannya, Senin (20/9).

Sasaran lain adalah mencegah segala bentuk kerumunan masyarakat yang berpotensi menjadi klaster COVID-19. Lalu menindak masyarakat yang tidak mematuhi protokol kesehatan hingga masyarakat yang tidak disiplin dalam berlalu lintas di beberapa lokasi rawan macet, rawan laka lantas dan terpenting rawan kerumunan.

Baca Juga

1.601 Kendaraan Ditilang di Hari Kedua Operasi Patuh Jaya 2020

Sedangkan untuk penegakan disiplin berlalu lintas, ditujukan pada pelanggar yang kasat mata. Target khusus untuk pelanggar lalu lintas misalnya seperti pengguna knalpot bising, pemakai rotator oleh orang yang tidak berhak, lawan arus, balapan liar dan lainnya.

Selain itu Polisi akan datang ke sekolah-sekolah untuk sosialisasi dan edukasi. "Kemudian juga melakukan penegakkan hukum terhadap pelanggaran yang kasat mata dan menimbulkan komplain dari masyarakat,” kata dia. (Knu)

#Operasi Patuh Jaya
Bagikan
Bagikan