OpenAI Kembangkan Kustomisasi Instruksi untuk ChatGPT

Andrew FrancoisAndrew Francois - Jumat, 21 Juli 2023
OpenAI Kembangkan Kustomisasi Instruksi untuk ChatGPT
OpenAI buat ChatGPT makin ramah pengguna. (OpenAI)

OPENAI baru saja meluncurkan set instruksi khusus baru bagi pengguna ChatGPT, sehingga kamu tidak perlu menulis perintah instruksi yang sama ke chatbot setiap kali berinteraksi dengannya. Misal, 'tulis jawaban di bawah 1.000 kata' atau 'pertahankan nada respons formal.'

Perusahaan menyatakan fitur itu memungkinkan kamu berbagi apapun yang ingin kamu pertimbangkan oleh ChatGPT sebagai tanggapannya. Sebagai contoh, seorang guru dapat menyebut bahwa mereka sedang mengajar matematika kelas empat atau seorang pengembang dapat menentukan bahasa kode yang mereka sukai saat meminta saran.

Baca Juga:

OpenAI Rilis ChatGPT Plus Berlangganan

Memudahkan pengguna dalam berinteraksi dengan ChatGPT. (Unsplash/Rolf van Root)

Kamu juga bisa menyampaikan ukuran keluargamu kepada chatbot AI itu, sehingga ChatGPT dapat memberikan tanggapan tentang rencana makan, belanjaan, dan liburan yang sesuai, seperti dituliskan TechCrunch, Jumat (21/7).

Meski kamu sudah dapat menentukan hal-hal ini saat berbincang dengan bot, petunjuk khusus ini bermanfaat jika kamu perlu sering menetapkan konteks yang sama.

Petunjuk ini juga berfungsi dengan plug-in, sehingga lebih mudah untuk meminta saran restoran atau penerbangan berdasarkan lokasimu. OpenAI mencatat bahwa fitur ini tersedia untuk pengguna paket Plus, tetapi tidak akan tersedia untuk pengguna di Uni-Eropa dan Inggris. Fitur itu saat ini masih dalam tahap beta.

Kamu dapat mencoba fitur ini di web dengan mengeklik namanya dan membuka Setelan > Fitur beta > Ikut serta dalam Petunjuk Khusus. Di iOS, kamu bisa mengaksesnya melalui Pengaturan > Fitur Baru > Nyalakan Petunjuk Khusus.

Khususnya, OpenAI menyatakan bahwa informasi yang diberikan ke respons penyesuaian akan digunakan untuk melatih model API mereka agar bisa beradaptasi dengan instruksi yang berbeda.

Baca juga:

Sam Altman Ancam OpenAI akan Tinggalkan Uni Eropa

Fitur masih tersedia dalam tahap beta. (Pexels/Airam)

"Informasi dari penggunaan petunjuk khususmu juga akan digunakan untuk meningkatkan kinerja model — seperti mengajari model cara menyesuaikan tanggapannya terhadap instruksimu tanpa berlebihan," kata perusahaan tersebut. Namun, kamu dapat menonaktifkan setelan ini melalui kontrol data.

OpenAI telah menguji fitur ini dengan beberapa pengguna dalam beberapa waktu, seperti yang dicatat oleh konsultan Gavriel Cohen di Twitter. ChatGPT memberikan pengguna dua kotak untuk menentukan preferensi obrolan mereka di mana pengguna dapat menulis tentang diri mereka sendiri dan tentang cara mereka ingin menyesuaikan respons chatbot.

Setelah pengguna memasukkan tanggapannya, perubahan akan diterapkan mulai sesi berikutnya. Perusahaan menyatakan batas tanggapan adalah 1.500 karakter.

OpenAI menyatakan bahwa perusahaan menggunakan API moderasi untuk memindai petunjuk yang disesuaikan guna memeriksa apakah ada yang tidak aman dalam bentuk apa pun.

ChatGPT dapat menolak untuk menyimpan petunjuk atau mengabaikannya jika tanggapan yang dihasilkan melanggar kebijakan perusahaan. Hal ini dilakukan untuk memastikan pengguna tidak mengetik petunjuk yang mengarah pada jawaban berbahaya atau penuh kebencian dari ChatGPT. (waf)

Baca juga:

OpenAI Blokir Akses ChatGPT di Italia

#Teknologi
Bagikan
Ditulis Oleh

Andrew Francois

I write everything about cars, bikes, MotoGP, Formula 1, tech, games, and lifestyle.
Bagikan