Obituari

Om Bob Tutupoly Tutup Usia, Bawa Kenangan Lagu 'Widuri'

P Suryo RP Suryo R - Selasa, 05 Juli 2022
Om Bob Tutupoly Tutup Usia, Bawa Kenangan Lagu 'Widuri'
Bob Tutupoly tutup usia di 82 tahun. (Foto: MP/Muchammad Yani)

DUNIA musik Indonesia kembali bersedih. Penyanyi senior Bob Tutupoly meninggal dunia pada Selasa (5/7). Bob Tutupoly meninggal dunia pada usia 82 tahun.

Bobby Willem Tutupoly atau lebih dikenal sebagai Bob Tutupoly dikenal sebagai penyanyi, aktor dan pembawa acara. Lahir di Surabaya, Jawa Timur 13 November 1939. Bob Tutupoly terkenal lewat lagunya berjudul Widuri yang merupakan lagu ciptaan Slamet Adriyadi.

Bakat menyanyi Bob Tutupoly sudah terlihat sejak kecil. Bob sempat memanfaatkan itu untuk mendapatkan uang jajan tambahan. Tak hanya menjadi penyanyi solo, di awal kariernya, Bob juga sempat bergabung dengan beberapa grup vokal dan band.

Ketika masih SMA, Bob diajak bergabung dalam Kwartet Jazz di RRI Surabaya. Bob pernah juga menyanyi di hotel, menjadi pengisi acara dansa kalangan atas kala itu.

Tahun 1969, Bob pernah pindah ke Amerika Serikat. Berawal dari tinggal di San Francisco, lalu ke Los Angeles, hingga akhirnya Bob pindah ke Las Vegas dan menjadi penyanyi untuk klub malam dan kasino di sana.

Di tahun 1980, Bob pernah keluar sebagai pemenang pertama dalam Festival Lagu Populer 1980 di Budokan Hall, Jepang.

Baca Juga:

Bob Tutupoly Samber Penghargaan AMI Legend

bob tutupoly
Bob Tutupoly saat raih AMI Legend di malam puncak penganugerahan Anugerah Musik Indonesia (AMI) Awards 2015 di Econvention Centre, Ancol, Jakarta Utara, Selasa (22/9). (Foto: Twitter@RCTI)

Tak hanya sukses di dunia tarik suara, Bob Tutupoly juga diketahui pernah membintangi beberapa judul film, seperti Penasaran (1977), Sebelah Mata (2008). Bob Tutupoly bukan hanya piawai dalam menyanyikan lagu. Ia kerap terlibat menjadi pembawa acara di sejumlah kegiatan dan program televisi, sebut saja Pesona 13 dan Ragam Pesona.

Banyak selebritas dimasa itu yang menjadi bintang tamu acara Bob, seperti Benyamin Sueb, Chintami Atmanagara, Meriam Bellina, Iis Sugiarto, dan lain-lain. Bahkan saat Bob sudah tak lagi muda, ia masih membawakan program Tembang Kenangan pada era milenium selama beberapa tahun. Atas kiprah di dunia musik tersebut, Bob Tutupoly dianugerahi AMI Legend pada 2015.

Bob Tutupoly diketahui sempat mengenyam bangku universitas di Perguruan Tinggi Ekonomi Surabaya dan Fakultas Ekonomi Universitas Padjajaran Bandung, tapi keduanya tidak sampai selesai.

Bob Tutupoly jarang muncul di publik karena masalah kesehatan. Namun pada 2019, Bob menggelar perayaan ulang tahunnya ke-80 dengan sebuah konser musik bertajuk 80th Celebration Bob Tutupoly. Diketahui belakangan ini Bob Tutupoly memang menghadapi masalah kesehatan serius, diantaranya stroke, sehingga harus bolak balik dirawat di rumah sakit.

Menurut pernyataan sahabat dan pengamat musik Stanley Tulung, Bob sempat akan di transfusi darah karena ia mengalami penurunan HB tapi sekitar pukul 23.00 Bob sudah tidak merespon. Bob dinyatakan meninggal pukul 00.03 di Rumah Sakit Mayapada, Jakarta, Selasa (5/7).

Terima kasih atas karya-karyamu. Selamat jalan Bob Tutupoly. (DGS)

Baca Juga:

Cerita Bob Tutupoly saat di Timor Leste bersama Pepeng

#Musik #Obituari
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan