Oemah Bamboo, Cara Baru Mengagumi Gunung Merapi dan Merbabu Oemah Bamboo (Sumber: Instagram/oemahbamboomerapi)

BOYOLALI memang tidak seterkenal Yogyakarta atau Malang perihal destinasi wisatanya, tapi bukan berarti salah satu kabupaten di Jawa Tengah ini tidak layak untuk dikunjungi traveler. Dikelilingi perbukitan dan pegunungan, Boyolali memiliki pemandangan hijau nan sejuk.

Salah satu yang sedang hits di kalangan anak muda Boyolali adalah Oemah Bamboo Merapi. Di tempat ini, kita bisa melihat dan mengagumi betapa megahnya gunung Merbabu dan Merapi yang berada di sebelah barat Boyolali.

1. Banyak spot cantik

Ada banyak spot cantik di sana (Sumber: Instagram/nurull_niaa)
Ada banyak spot cantik di sana (Sumber: Instagram/nurull_niaa)

Alasan mengapa Oemah Bamboo sangat digemari oleh kawula muda adalah tempat ini memiliki berbagai spot cantik untuk berfoto. Salah satunya adalah menara yang terbuat dari bambu setinggi 10 meter. Kamu juga bisa memanjatnya hingga ke puncak dan mencari angle paling menarik.

Bangunan bambu di sana bukan hanya ada satu saja, sehingga kamu tak perlu mengantri untuk menjapatkan hasil foto yang bagus. Nah, meski terbuat dari bambu, jangan khawatir akan roboh karena dalam sekali waktu mampu menampung 80 hingga 100 orang. Tapi, meski demikian kamu harus tetap berhati-hati.

2. Bersantai sambil menikmati pemandangan

Pemandangan di sekitar sangat indah (Sumber: Instagram/wiedyaw)
Pemandangan di sekitar sangat indah (Sumber: Instagram/wiedyaw)

Karena letaknya tak jauh dari Gunung Merbabu dan Merapi tentunya pemandangan hijau akan menghiasi sekeliling Oemah Bamboo. Suasana di saja juga sangat sejuk karena berada diketinggian 1700 mdpl, hampir sama seperti Puncak Bogor.

Pemandangan asri seperti itu tentunya sangat cocok bagi kamu yang ingin mencari suasana segar setelah bosan dengan rutinitas sehari-hari. Nah, mumpung masih awal tahun, coba agendakan untuk bisa berkunjung ke tempat ini. Jika ingin sekalian meneruskan perjalanan hingga puncak Gunung Merapi Selo juga engak apa-apa, karena memang tempat ini berada di jalur pendakian.

3. Akses dan akomodasi

Oemah Bamboo memiliki pemandangan indah (Sumber: Instagram/herman.apriyanto)
Oemah Bamboo memiliki pemandangan indah (Sumber: Instagram/herman.apriyanto)

Kamu tak perlu bingung untuk bisa sampai ke tempat ini. Karena memang aksesnya sangat mudah ditempuh dari pusat kota Boyolali. Ada banyak jalur, tapi direkomendasikan melewati jalur Ampel Boyolali karena lebih dekat. Patokan yang paling gampang adalah tulisan New Selo saat sampai ke Desa Selo, Boyolali, Jawa tengah. Tapi dari sana kamu harus berjalan kaki sedikit untuk sampai ke tujuan.

Nah, soal akomodasi tak jauh dari Oemah Bamboo ada banyak homestay yang disewakan. Jadi meskipun jaraknya jauh dari pusat kota kamu masih bisa bermalam dengan nyaman. Oh iya, untuk masuk ke Oemah Bamboo pengelola menarik biaya retribusi sebesar Rp10 ribu per orang.


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH