Ongkos Memelihara Jam Berkelas, Sangat Mahal Jam mahal memerlukan servis juga. (Foto: The Gear Patrol)

BILA Anda memimpikan memiliki jam tangan mahal berkelas internasional berarti Anda sudah harus membayangkan ongkos memeliharanya. Ongkos pemeliharaannya bisa sama dengan harga pembeliannya.

Tentunya wajar saja dengan harga tinggi itu, sebab Anda memakai bukan hanya sekedar jam tangan melainkan karya seniman. Jam tangan mahal bukan sekedar penunjuk waktu melainkan perhiasan bagi pemakainya.

Bisa saja Anda tidak melakukan perawatan. Alhasil jam tangan Anda sebentar lagi akan mati. Kalau toh ingin dihidupkan kembali memakan ongkos yang mahal.

Memiliki jam tangan berkelas dan berkualitas Swiss seperti memiliki lukisan seorang maestro dunia. Semuanya serba sempurna. Teknisi yang melakukan servis jam tangan Anda itu bukanlah orang sembarangan. Melainkan orang yang memiliki kemampuan khusus untuk membuka, membongkar, mengganti, melumasi dan memasang kembali komponen tersebut dan menjamin semuanya sempurna seperti awal.

Menservis jam tangan seperti itu harus dilakukan paling lama 3 tahun sekali. Namun Rolex pada produk barunya memberikan jaminan selama 5 tahun. Jadi setelah lima tahun dapat diservis dan akan tetap normal seperti saat membeli awal.

Langkah Rolex yang menciptakan mesin lebih tahan goncangan dan antimagnet, agaknya diikuti oleh produsen lainnya seperti Omega dengan Master Chronometernya. Bahkan Omega dan Tissot memasukan silikon sebagai salah satu suku cadangnya.

Dengan silikon diharapkan membantu pemiliknya menghemat pengeluaran untuk servis. Jam tangan itu dijamin selama empat tahun dan masa servis setelah 4-7 tahun. (psr)

Kredit : paksi

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH