Ondel-Ondel Harus Dibina Agar Tak Ganggu Keindahan dan Ketertiban Jakarta Seorang bocah membawa ondel-ondel di Jalanan Jakarta, (Antara Foto/Reno Esnir)

MerahPutih.Com - Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Fraksi PKS Abdurrahman Suhaimi mendukung Pemprov DKI dalam melakukan pembinaan serius agar performa kesenian ondel-ondel semakin baik.

Suhaimi melanjutkan, dirinya membayangkan ikon Betawi ini dapat ditampilkan diberbagai event yang dikelola Pemprov DKI, terlebih saat kedatangan tamu dari dalam negeri bahkan mancanegara.

Baca Juga:

Sekda DKI Dukung Revisi Perda Larangan Ondel-Ondel untuk Ngamen

"Agar seniman-seniman betawi khususnya ondel-ondel mendapatkan apresiasi atas rasa seni dan juga keberlangsungan hidup untuk menopang ekonomi keluarga, termasuk pelestarian budaya," ujar Suhaimi di Jakarta, Rabu (12/2).

Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Abdurrahman Suhaimi dukung penertiban ondel-ondel
Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Abdurrahman Suhaimi (MP/Asropih)

Suhaimi juga menuturkan, ondel-ondel yang dilarang digunakan untuk mengamen juga harus ada solusi bagi para seniman tersebut. Terlebih banyak juga seniman ondel-ondel yang berasal dari daerah penyangga.

"Pembinaan perlu dilakukan secara bersama-sama dan integrasi dari daerah sekitar ibukota. Sehingga Jakarta menjadi indah untuk dilihat dengan tampilan ondel-ondelnya yang tidak mengganggu keindahan dan ketertiban umum," papar Suhaimi.

Baca Juga:

Berani Berkeliaran di Jalan, Pengamen Ondel-Ondel Diberi Sanksi Kurungan Penjara

Perlu komunikasi juga antara Pemprov DKI dan pemerintah kota/kabupaten wilayah sekitar ibu kota, kemudian dilakukan pendataan dan perlu kerjasama dalam pelestarian kesenian boneka raksasa ini kedepan.

"Masalah ini harus diurus bersama-sama, agar kesenian betawi tetap terjaga dan lestari," tutup Suhaimi.(Asp)

Baca Juga:

Marak Ondel-Ondel Ngamen di Jalan, Pemprov DKI Setuju Revisi Perda Pelestarian Budaya Betawi

Kredit : asropih


Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH