Ombudsman Jakarta Beri Catatan Anies Terkait Masa Transisi Petugas pemadam kebakaran Jakarta Barat menyemprot halaman pasar dengan disinfektan di Jakarta, Kamis (4/6/2020). (ANTARA/HO-Damkar Jakarta Barat)

MerahPutih.com - Ombudsman RI Perwakilan Jakarta Raya menyambut baik Gubernur Anies Baswedan perpanjang penerapan PSBB dengan masa transisi. Ada beberapa catatan Ombudsman, salah satunya mengenai pencegahan penularan COVID-19 di pasar tradisional.

Menurut Ketua Ombudsman Jakarta Raya Teguh Nugroho, kesadaran pencegahan corona di pasar masih minim. Ia pun berharap, dalam masa transisi yang baru berjalan ini, Anies bisa mengeluarkan kebijakan pembatasan di pasar.

Baca Juga:

Umat Hindu Sembahyang Purnama dengan Protokol Kesehatan COVID-19

"PD Pasar Jaya tidak menjadi terlalu miskin kalau hanya membuat garis-garis pembatas social distancing, melakukan pengawasan ketertiban pelaksanaan social distancing dengan mengerahkan tenaga keamanan mereka dan menyediakan fasilitas-fasilitas kesehatan di pasar-pasar tersebut," kata Teguh di Jakarta, Jumat (5/6).

Kepala Ombudsman RI Perwakilan Jakarta Raya Teguh P Nugroho (ANTARA/HO-Ombudsman Perwakilan Jakarta Raya)
Kepala Ombudsman RI Perwakilan Jakarta Raya Teguh P Nugroho (ANTARA/HO-Ombudsman Perwakilan Jakarta Raya)

Tak hanya pasar, kata Teguh, harus juga berlaku di lokasi-lokasi binaan Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Serta Perdagangan (KUKMP) DKI, taman-taman, dan pusat-pusat keramaian.

Baca Juga:

Selama Pandemi Corona, Perampokan Minimarket di Jakarta Meningkat

"Lokasilokasi PKL, taman, dan pusat-pusat keramaian publik sudah harus dilengkapi dengan garis-garis pembatas social distancing dan penyediaan alat-alat protokol kesehatan sebelum dibuka secara bertahap sebagai salah satu prasyarat pembukaan fasilitas tersebut," terang Teguh. (Asp)

Baca Juga:

Pemprov Lain Mulai Terapkan New Normal, Ganjar: Jateng Tak Ingin Tergesa-gesa

Kredit : asropih


Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH