Oleh-oleh Paling Absurd dari Berbagai Dunia, Nomor 6 Paling Mencengangkan Oleh-oleh paling absurd dari berbagai dunia (foto vietnam-online.com)

KALAU lagi liburan ke luar negeri, pasti selalu ada buah tangan yang ingin dibawa pulang. Apalagi kalau melihat makanan atau barang unik yang enggak ada di Indonesia. Namun ada juga lo buah tangan yang terlalu unik, sampai-sampai bikin bingung. Apa saja ya?

1. Bir Ular, Vietnam

Buah Tangan Paling Absurd dari Berbagai Dunia, Nomor 6 Paling Mencengangkan
Bir ular yang tidak beracun karena dinetralkan alkohol (foto: dailymail.co.uk)


Desa Le Mat di Hanoi, Vietnam terkenal dengan satu hal yaitu ular. Konon, ada sebuah legenda tentang seorang putri yang dimakan ular raksasa dan akhirnya diselamatkan oleh seorang prajurit. Sejak itu ular jadi salah satu daya tarik di Desa Le Mat.

Kamu bisa melihat berbagai bir yang di dalam botolnya terdapat binatang-binatang ekstrem, seperi ular dan kalajengking. Cara pembuatannya adalah dengan meletakkan ular di dalam alkohol hingga mengeluarkan esktrak racun.

Menurut mereka, racun dalam ular tersebut tidak berbahaya lagi karena sudah dinetralkan sama kandungan etanol di alkohol. Orang-orang Vietnam percata kalau bir ular ini bisa jadi obat kuat buat laki-laki lo. Kalau ke Vietnam langsung beli aja, kapan lagi bisa minum bir se unik ini?

2. Kotoran binatang, London

Buah Tangan Paling Absurd dari Berbagai Dunia, Nomor 6 Paling Mencengangkan
Kotoran hewan di kotak yang juga berisi bibit tanaman (foto: nhm.ac.uk )

Kotoran binatang sekarang sudah dijual di Natural History Museum, London. Iya, kotoran. Kotoran binatang itu dikemas dan diproses supaya enggak bau lagi kemudian ditaruh di dalam kotak.

Uniknya, kotoran tersebut diletakkan bersama dengan bibit tanama. Kotoran gajah dengan bibit bunga mawar, kotoran rusa dengan bibit pohon pinus batu, dan kotoran badak dengan pohon pisang.

Lebih lucunya lagi, itu dikemas dengan foto bokong dari binatangnya. Jadi beli oleh-oleh sekalian menjaga kelestarian lingkungan ya kalau begini.

3. Lollipop kalajengking, Amerika Serikat

Buah Tangan Paling Absurd dari Berbagai Dunia, Nomor 6 Paling Mencengangkan
Lollipop yang isinya kalajengking dari Amerika Serikat (foto: reference.com)

Siapa yang suka permen? Tapi masih maukah kamu kalau di dalam permennya terdapat kalajengking? Kalau kamu suka makanan ekstrem sepertinya oleh-oleh lollipop kalajengking cocok buat kamu.

Negara bagian Arizona di AS terkenal banget sama gurun dan padang pasir. Makanya kalajengking jadi salah satu hewan yang sering ditemui di sini. Kemudian seorang pebisnis bernama Larry Peterman mempunyai ide untuk membuat permen dengan campuran yang aneh-aneh.

Pertama kali, ia membuat permen tequilla dengan tambahan cacing. Ternyata laris lo! Lalu dia membuat berbagai macam permen dengan berbagai varian isi, seperti jangkrik dan kalajengking. Enggak usah khawatir karena permennya aman dan enggak beracun kok.

4. Panda Poop Tea, Cina

Buah Tangan Paling Absurd dari Berbagai Dunia, Nomor 6 Paling Mencengangkan
Panda poop tea dari Cina yang menyehatkan (foto: uberexpensive.com)

Ternyata kotoran binatang bisa dijadikan banyak minuman ya. Kalau di Indonesia ada kopi luwak yang terbuat dari kotoran luwak, di Cina juga ada lo. Namanya panda poop tea yang merupakan daun teh olahan dari sisa pencernaan hewan panda.

Ternyata menurut ilmuwan Cina sistem pencernaan panda sangat buruk karena panda hanya bisa mencerna 30 persen makanannya. Makanya kotoran panda masih penuh serat dan nutrisi yang ternyata bermanfaat buat tubuh. Apalagi makanan panda kan hanya bambu jadinya kotorannya aja pasti sehat banget.

Dengar-dengar sih teh dari kotoran panda ini bisa mencegah kanker. Tapi sayang, harganya super mahal! Perkilonya dihargai hampir Rp 1 miliar! Yakin mau mengeluarkan uang sebanyak itu hanya untuk kotoran?

5. Janin llama, Bolivia

Buah Tangan Paling Absurd dari Berbagai Dunia, Nomor 6 Paling Mencengangkan
Janin llama sebagai ritual dan warisan budaya di Bolivia (foto: dailymail.co.uk)

Apakah kamu tahu sebuah Witch Market di Bolivia? Tempat ini wajib banget dikunjungi karena punya segudang barang-barang unik yang enggak akan kamu temukan di tempat lain. Calle de las Brujas di kota La Paz ini punya satu oleh-oleh yang aneh banget, yaitu janin llama.

Buat apaan ya janin llama? Ternyata sebelum ajaran Kristen berkembang di Bolivia, dukun dan praktek sihir memang sudah jadi salah satu budaya kental buat masyarakat Bolivia.

Nah janin llama ini sering jadi sesajen dalam ritual-ritual dukun. Sementara sekarang janin llama diangap sebagai salah satu warisan budaya makanya masih dijual sampai sekarang.

6. Udara dalam kaleng, New York

Buah Tangan Paling Absurd dari Berbagai Dunia, Nomor 6 Paling Mencengangkan
Kaleng berisi udara New York (foto: noveltystreet.com)

Bisa jadi ini oleh-oleh paling unik dan plaing absurd yang pernah kamu temuin. Bayangkan saja, membawa pulang oleh-oleh kaleng kosong yang katanya berisi udara segar dari New York. Ini jadi cara yang pintar untuk menghasilkan devisa negara deh kayaknya.

Dalam kalengnya dituliskan bahwa kaleng ini terdiri dari 20% udara dari Statue of Liberty, 10% udara Brooklyn Bridge, 10% udara Chrysler Building, 20% udara dalam Empire State Building, 10% udara dari Little Italy, Chinatown, 10% udara Grand Central Terminal, 10% udara Time Square, dan 10% udara dari Central Park.

Apakah setelah dibuka akan ada bau-bau dari New York? Ya setelah dibuka mungkin bisa kamu jadikan tempat penyimpanan atau sekedar untuk pajangan. Apakah kamu akan membeli oleh-oleh yang satu ini? (sam)


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH