Ole Gunnar Solskjaer Dipastikan Lanjutkan Gaya Kepelatihan Sir Alex di MU Ole Gunnar Solskjaer manajer caretaker Manchester United (Foto: Twitter @ManUtd)

MerahPutih.Com - Kehadiran Ole Gunnar Solskjaer sebagai pelatih caretaker Manchester United menggantikan Jose Mourinho mendapat sambutan positif dari skuat The Red Devils.

Mantan pemain MU yang kini berusia 45 tahun itu, dipastikan akan menerapkan pola kepelatihan Sir Alex Ferguson. Alasannya, Ole Gunnar semasa memperkuat Manchester United, Sir Alex yang menjadi pelatihnya.

Solskjaer diharapkan bisa jadi juru selamat klub yang pernah dibelanya sebagai pemain pada 1996-2007, menjadikannya tim yang ganas dan kembali disegani - persis seperti julukan Solksjaer di masa lalu "The Baby-Faced Assassin".

Ole Gunnar Solskjaer bersama stafnya di MU
Ole Gunnar Solskjaer bersama staf kepelatihannya di MU (Foto: Twitter @ManUtd)

Selama 11 tahun bermain untuk Man United, dengan satu momen bersejarah gol penentu kemenangan atas Bayern Munchen di Liga Champions 1999, Solskjaer belajar banyak dari Sir Alex Ferguson, mantan manajer Man United.

Belajar banyak sebagai pemain, Solskjaer juga pernah terjun langsung sebagai pelatih tim cadangan selama dua tahun (2008-2010), hingga dia banyak bertukar pikiran dengan Ferguson.

Mulai dari cara Ferguson memotivasi pemain hingga mereka menampilkan 100 persen kemampuan, taktik, sampai manajemennya yang sangat teratur, Solskjaer telah mencuri ilmu dari sang guru.

Pengalaman itu ditambah dengan pengalamannya sendiri melatih Molde dan Cardiff City. Solskjaer pernah gagal membesut Cardiff pada 2014 dan dipecat. Tapi, pembelajaran itu menjadi alasan dia siap menerima tantangan melatih Man United.

Solskjaer bersama Sir Alex Ferguson
Sir Alex Ferguson bersama Ola Gunnar Solskjaer (Foto: Zimbio)

"Saya pikir saya sudah punya 300-400 laga dengan tim utama sekarang sebagai manajer dan juga tim cadangan, jadi, ya, 10 tahun kurang lebih," ucap Solskjaer di Dailymail.

"Saya telah melakukan sedikit kesalahan, tapi di tahun-tahun itu saya juga telah memenangi liga, memenangi turnamen, terdegradasi, jadi saya sedikit tahu pekerjaan ini," lanjut pria asal Norwegia itu.

Tanpa ragu, Solskjaer menyebut Ferguson sebagai guru terbaik yang menginspirasi caranya mengatur pemain dalam skuat.

"Saya harus mengatakannya saya punya guru terbaik. Bos (Fergie) akan selalu jadi yang terbaik tentang cara Anda menangani orang-orang. Jadi, manajemen dengan sekitar adalah hal yang saya pelajari darinya," pungkas Ole Gunnar Solskjaer.(bolaskor.com)

Baca berita menarik lainnya dalam artikel: MUI Cari Pemasang Spanduk Antinatal yang Catut Logo Organisasinya



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH