Ole Gunnar Solksjaer Masih Perkasa, Serasa Tottenham Hotspur vs De Gea David De Gea lakukan 11 penyelamatan kontra Tottenham Hotspur (Foto: @premierleague)

MerahPutih.com - Manchester United melanjutkan tren positifnya di bawah Ole Gunnar Solskjaer. Tim berjuluk setan merah ini baru menghadapi lawan dengan kekuatan seimbang pada pekan 22, di Wembley, Minggu (13/1) malam Wib: Tottenham Hotspur. Anak asuh Ole pun menang tipis 1-0.

Kemenangan Man United ini tak lepas dari kegemilangan penampilan kiper De Gea.

Solskjaer kini menyamai rekor sepanjang masa Sir Matt Busby yang memenangi lima laga liga di awal karier sebagai manajer United. Tambahan tiga poin itu juga membuat poin Man United sekarang ini, sama dengan Arsenal di peringkat lima dengan raihan 41 poin.

Man United terpaut enam poin dari Chelsea yang ada di peringkat empat klasemen Premier League - batas akhir zona Liga Champions. Sementara Spurs tertinggal sembilan poin dari pemuncak klasemen, Liverpool.

Pertandingan begitu ketat sejak awal pertandingan. Man United yang bermain dengan formasi 4-2-3-1, meladeni permainan ofensif tuan rumah dengan taktik yang sama. Transisi bermain cepat berlangsung di antara kedua tim.

Peluang masing-masing tim tidak ada yang berbuah gol sejauh ini. Baik David De Gea dan Hugo Lloris tidak menerima ancaman yang berbahaya.

Pada menit 43, Mauricio Pochettino terpaksa melakukan pergantian pemain karena Moussa Sissoko cedera dan digantikan dengan Erik Lamela. Semenit berselang dari pergantian itu, Man United mengejutkan publik tuan rumah.

Berawal dari serangan balik cepat, Paul Pogba mengirim umpan lambung terukur kepada Marcus Rashford, yang kemudian mengoversinya jadi gol ke gawang Lloris. Skor 1-0 untuk keunggulan United bertahan hingga paruh pertama berakhir.

MU
Aksi Rashford saat menjebol gawang Manchester United.

Di babak kedua, laga berkebalikan 180 derajat dibanding babak pertama. Man United sama sekali tidak dikasih 'angin' untuk bernafas menghadapi gelombang serangan Spurs.

Bertubi-tubi ketangguhan, kelincahan, dan refleks De Gea diuji melalui peluang dari Harry Kane, Dele Alli, Christian Eriksen, Son Heung-min, hingga Toby Alderweireld.

Tapi De Gea tetap kokoh menjaga gawangnya aman dari kebobolan gol dan membuat para pemain Spurs frustrasi. Pochettino sudah memasukkan Fernando Llorente untuk menambah daya gedor di depan dan De Gea masih tetap tampil gemilang.

Pada akhirnya, gawang Man United aman dari kebobolan dan selamat dari serangan bertubi-tubi Spurs di paruh kedua. De Gea melakukan 11 penyelamatan dari peluang-peluang tepat sasaran tuan rumah.

Tidak diragukan lagi, tiga poin Man United di laga ini ada karena kehebatan De Gea yang terpilih sebagai Man of the Match.

Bisa jadi pertandingan tersebut merupakan pertandingan antara Tottenham Hotspur vs De Gea. (BolaSkor.com)

Susunan Pemain:

Tottenham Hotspur (4-3-1-2): Hugo Lloris; Kieran Trippier, Toby Alderweireld, Jan Vertonghen, Ben Davies; Moussa Sissoko (Erik Lamela 43'), Harry Winks (Fernando Llorente 81'), Christian Eriksen; Dele Alli; Harry Kane, Son Heung-min.

Pemain Cadangan: Erik Lamela, Davinson Sanchez, Paulo Gazzaniga, Danny Rose, Oliver Skipp, Juan Foyth, Fernando Llorente.

Manajer: Mauricio Pochettino

Manchester United (4-2-3-1): David De Gea; Ashley Young, Victor Lindelof, Phil Jones, Luke Shaw; Ander Herrera, Nemanja Matic; Jesse Lingard (Diogo Dalot 83'), Paul Pogba (Scott McTominay 90+2'), Anthony Martial (Romelu Lukaku 73'); Marcus Rashford.

Pemain Cadangan: Fred, Diogo Dalot, Juan Mata, Andreas Pereira, Scott McTominay, Sergio Romero, Romelu Lukaku.

Manajer: Ole Gunnar Solskjaer



Thomas Kukuh

LAINNYA DARI MERAH PUTIH