Kesehatan

Olahraga Tetap Lancar Di Lingkungan Berpolusi Udara

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Jumat, 25 Oktober 2019
Olahraga Tetap Lancar Di Lingkungan Berpolusi Udara
Olahraga tetap jalan walau tinggal di lingkungan berpolusi udara (Foto: Unsplash/Jacob Postuma)

JANGAN malas olahraga karena polusi udara. Meskipun lingkungan tempat kamu berolahraga sudah tercemar dengan polusi udara, olahraga tetap bisa berjalan lancar.

Banyak manfaat kesehatan yang bisa kamu dapatkan dari berolahraga. Namun jika berolahraga di lingkungan yang berpolusi udara tubuh kamu bisa mendapatkan efek negatif. Apalagi jika kamu punya riwayat kesehatan yang tidak baik seperti pernah menderita asma, diabetes, atau sakit paru-paru.

Baca juga:

Bingung Mau Rutin Olahraga Apa? Opsinya Hanyalah Lari

Namun, kamu tidak perlu khawatir. Kamu tetap bisa rutin berolahraga di lingkungan yang sudah tercemar polusi udara dengan cara menurut laman Alodokter ini.

1. Tentukan waktu yang tepat

Olahraga di pagi hari bebas polusi (Foto: Unsplash/Alexander Mils)

Berolahragalah pada dini hari atau malam hari. Soalnya di waktu-waktu ini kadar polusi udara tidak setinggi siang atau sore hari. Dengan berolahraga di waktu yang tepat, paparan polusi udara pun berkurang.

2. Pilih rute olahraga dengan bijak

Carilah tempat olahraga yang berpolusi udara minim seperti di taman (Foto: Unsplash/Madison Nickel)

Ada beberapa rute olahraga yang memiliki paparan polusi udara yang minim. Contohnya di taman, tempat umum yang tidak banyak dilalui kendaraan bermotor, atau area yang banyak ditanami pohon. Sebaliknya jangan berolahraga di rute yang banyak kendaraan wara-wiri.

Baca juga:

Penderita Migrain Masih Boleh Berolahraga

3. Olahraga di dalam ruangan

Olahraga di dalam ruangan aman dari polusi udara (Foto: Unsplash/Danielle Cerullo)

Olahraga tidak harus dilakukan di luar ruangan. Kamu tetap bisa memaksimalkan mengolah tubuh di dalam ruangan. Telebih jika kualitas udara sedang benar-benar buruk. Olahraga di dalam ruangan yang bisa kamu lakukan seperti squat jump, lari di tempat, naik-turun tangga, lompat tali, treadmill, atau melakukan olahraga di pusat kebugaran.

4. Cari tahu kualitas udara

Cari tahu kualitas udara melalu berbagai media (Foto: Unsplash/Elio Santos)

Jika memungkinkan, coba cari tahu kualitas udara di lingkunganmu. Dengan begitu, kamu bisa menentukan apakah kualitas udara di lingkunganmu bersahabat untuk berolahraga atau tidak. Carilah informasi kualitas udara dari radio, televisi, dan situs Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia. Selain itu, kamu juga bisa mengandalkan aplikasi pendeteksi polusi udara untuk memeriksa kualitas udara.

Yuk jangan malas berolahraga sahabat Merah Putih! (ikh)

Baca juga:

Bingung Mau Rutin Olahraga Apa? Opsinya Hanyalah Lari

#Kesehatan #Olahraga
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan