Kesehatan

Olahraga Pakai Masker Ternyata Aman

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Rabu, 10 Maret 2021
Olahraga Pakai Masker Ternyata Aman
Olahraga memakai masker ternyata aman. (Foto: Unsplash/Spencer Davies)

OLAHRAGA harus tetap berjalan di tengah pandemi COVID-19 yang masih terjadi. Saat ini, agar tetap aman banyak orang yang memakai masker saat berolahraga. Tetapi memakai masker saat berolahraga kerap kali disebut berbahaya karena dapat mengganggu pernapasan.

Tapi tenang saja. Sebuah studi terbaru mengungkapkan memakai masker saat olahraga ternyata aman dan tetap membuat sehat. Seorang dokter asal Italia, Elisabetta Salvioni, menguji kesehatan 12 orang yang berolahraga memakai masker dan semuanya dinyatakan sehat.

Baca juga:

Tren Fesyen Masker, Tak Lagi Sekadar Kebutuhan Kesehatan

Namun, Salvioni tetap mengklaim penggunaan masker selama latihan menyebabkan ketidaknyamanan pernapasan ringan. "Tetapi bagi orang yang sehat sepenuhnya penggunaan masker justru aman bahkan selama latihan maksimal. Kami menguji kemampuan bernapas, aktivitas jantung, dan kinerja olahraga pada kelompok yang terdiri dari 12 orang sehat saat mereka menggunakan sepeda olahraga dengan dan tanpa masker," jelas Dr Salvioni seperti dilansir laman Daily Mail.

Memakai masker saat olahraga hanya mengganggu pernapasan ringan. (Foto: Unsplash/Mika Baumeister)

Namun, perlu dicatat bahwa peneliti hanya menguji orang yang memang dinyatakan sehat. Namun, siapapun yang memiliki masalah pernapasan sebaiknya tidak menghubungkan bahaya olahraga pada saat memakai masker. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menekankan penggunaan masker tidak berpengaruh signifikan untuk orang berolahraga.

Baca juga:

Fashion Item Wajib Masa Kini: Mask Chain

"Tidak seorang pun, sehat atau tidak, harus memakai masker saat berolahraga. Secara keseluruhan, penelitian baru menunjukkan masker dapat dipakai dengan aman selama latihan intens untuk mengurangi penularan COVID-19, misalnya antara orang yang mengunjungi gym dalam ruangan," tutur WHO mengutip laman The Guardian.

Mengenakan masker sama saja melindungi diri sendiri dan orang lain. (Foto: Unsplash/Kobby Mendez)

Tidak ada yang salah menggunakan masker saat berolahraga. Beberapa penelitian justru mengungkapkan memakai masker dapat mencegah penyebaran COVID-19 yang berbahaya. Pemerintah di berbagai negara mewajibkan setiap warganya untuk memakai masker di dalam kondisi tertentu seperti saat bepergian keluar rumah atau di tempat umum.

Hal ini dikarenakan orang-orang yang memakai masker justru dapat melindungi dirinya sendiri dan orang lain dari risiko penyebaran virus. Terlepas dari semua itu, yang terpenting adalah tetap mematuhi protokol kesehatan dan menjaga kesehatan di tengah pandemi seperti saat ini. (ard)

Baca juga:

Tak Sembarang Masker Bisa Cegah Penularan Virus Corona!

#Masker #COVID-19 #Olahraga #Kesehatan
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan