Olahraga Memainkan Peran Penting pada Pertumbuhan Anak, Perkenalkan Sejak Dini

P Suryo RP Suryo R - Rabu, 06 Desember 2023
Olahraga Memainkan Peran Penting pada Pertumbuhan Anak, Perkenalkan Sejak Dini
Bukan perkara mudah mengajak anak gemar berolahraga. (Pexels/Ketut Subiyanto)

MENUMBUHKAN minat anak terhadap olahraga menjadi tantangan tersendiri bagi para orang tua saat ini. Namun, dengan dorongan dan motivasi yang tepat, proses tersebut dapat menjadi lebih menyenangkan dan efektif.

Anak-anak harus diperkenalkan pada berbagai jenis olahraga sehingga dapat menciptakan rutinitas yang menyenangkan. Orangtua memainkan peran penting untuk membentuk kebiasaan sehat anaknya.

Baca Juga:

Pentingnya Sekolah Ramah Anak

olahraga
Peran orang tua sangat penting untuk membangunkan minat anak pada olahraga. (Pexels/Gustavo Fring)

Seperti dituliskan dalam Alodokter, olahraga memiliki peran penting bagi tumbuh kembang anak. Oleh karena itu, orangtua, utamanyabunda, sudah harus membiasakan si kecil rutin berolahraga sejak dini. Durasi dan jenis olahraga dapat bunda sesuaikan dengan anak. Tidak harus jogging atau olahraga yang biasanya dilakukan orang dewasa.

Bermain dan gerak rutin yang dilakukan anak dapat dikatakan sebagai olahraga. Dengan melatih si kecil suka berolahraga sejak dini, maka ia akan memiliki tubuh yang sehat, tulang yang kuat. Kemudian pastinya terhindar dari berbagai masalah kesehatan fisik maupun mental. Seperti obesitas, diabetes, penyakit jantung, bahkan depresi.

Selain itu, gaya hidup rajin berolahraga sejak dini juga membuat anak lebih percaya diri, dan mampu bersosialisasi dengan orang lain. Membuat anak menyukai olahraga tidak semudah mengajak bermain. Ada beberapa faktor yang membuat si kecil kurang tertarik dengan aktivitas olahraga. Seperti kesibukan dengan sekolah, tidak punya panutan olahraga di rumah, atau tidak pernah dikenalkan oleh orang tuanya.

Baca Juga:

Ibu Stres, Anak Rewel?

olahraga
Daftarkan anak di klub olahraga selain mengasah kemampuan, juga dapat belajar bersosialisasi dengan rekan sebaya-nya. (Pexels/Kampus Production)

Berikut beberapa tip melatih si kecil agar memiliki minat pada olahraga;

Usia

Sesuai olahraga dengan usia si kecil. Jika anak berusia di bawah lima tahun kamu bisa mengajaknya bermain skuter, trampolin, berjalan kaki, menari, atau berenang. Jika sudah berusia di atas lima tahun kamu bisa mengenalkan bersepeda, berlari, atau seni bela diri.

Menyenangkan


Jika kamu membuat olahraga dengan cara menyenangkan, mungkin si kecil lebih menyukainya. Buda dan si kecil bisa bermain peran melakukan aktivitas ini, seperti bunda berperan sebagai guru olahraga yang ingin memberikan penilaian terhadap gerakan olahraga sang anak.

Olahraga bersama


Jika kamu tidak punya minat pada olahraga, biasanya anak kamu juga demikian. Jadi, untuk melatih kebiasaan berolahraga sang anak, orangtua harus jadi contoh untuk anak. Agar si kecil tergerak hati dan minatnya untuk berolahraga.

Klub olahraga


Jika sang anak memberikan sinyal minat terhadap olahraga yang telah dikenalkan, kamu dapat mendaftarkan anak ke klub olahraga tersebut. Bergabung dengan klub olahraga juga membuat kemampuan olahraganya terarah dan lebih baik lagi. Di klub olahraga si kecil juga akan bertemu dengan kawan sebayanya, dan cara ini menjadi mengasah kemampuan si kecil untuk bersosialisasi. (zvw)

Baca Juga:

Manfaat Kolagen untuk Kesehatan Anak

#Parenting #Kesehatan
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan