Olahraga Ketika Cuaca Dingin Membakar Lebih Banyak Lemak? Olahraga saat cuaca dingin lebih membakar lemak (Foto: Pexels/Oleksandr Pidvalnyi)

CUACA dingin memang sangat mengundang untuk tidur. Rasanya ingin kembali menarik selimut setelah bangun tidur di pagi hari saat tahu cuaca di luar kamar sangat dingin. Akhirnya kamu malas melakukan aktivitas di hari yang dingin ini.

Namun, jangan mengikuti kemauan kamu itu. Ketika cuaca dingin saatnya untuk berolahraga. Sebab, menurut laman Men's Health, seorang peneliti mengatakan berolahraga ketika cuaca dingin dapat membakar lebih banyak lemak. Cocok banget bagi kamu yang sedang diet.

Menurut Muthu Periasamy, PhD, seorang peneliti di Sanford Burnham Prebys Medical Discovery Institute, terdapat peptida pada otot manusia yang disebut dengan sarcolipin atau SLN. Semakin tinggi fungsi SLN pada tubuh maka semakin rendah risiko obesitas.

Untuk itu Periasamy menggali lebih dalam mengenai bagaimana SLN dapat berfungsi lebih baik. Rupanya ia mendapatkan hasil bahwa berolahraga dengan udara dingin dapat lebih memaksimalkan fungsi SLN. Sehingga jumlah lemak yang terbakar akan lebih banyak lagi. "Jumlah energi yang dibakar lebih banyak, jadi lemak yang terbakar juga lebih banyak," katanya kepada MensHealth.com.

Semakin banyak berolahraga semakin banyak mitokondria yang dihasilkan tubuh. (Foto: Pexels/Pixabay)

Lebih dalam, semua sel di tubuh mengandung struktur yang disebut mitokondria. Fungsinya ialah membakar lemak dan menciptakan energi yang dibutuhkan untuk beraktivitas harian. Karenanya, semakin banyak kamu berolahraga, semakin banyak mitokondria yang dihasilkan tubuh.

Periasamy juga menemukan bahwa SLN memaksa mitokondria bekerja lebih keras, dan membakar lebih banyak lemak. Dia juga menemukan bahwa SLN menciptakan lebih banyak mitokondria. Intinya, berolahraga dalam cuaca dingin dapat menyebabkan pembakaran lemak yang lebih besar dibandingkan dalam cuaca panas.

Meskipun demikian, perlu dicatat bahwa penelitian Periasamy melibatkan eksperimen pada tikus, bukan manusia. Tetapi para ilmuan tetap yakin cuaca dingin dapat mempengarushi fungsi SLN. Sehingga temuan Periasamy tidak bisa dikatakan salah.

Jadi, mulai sekarang jangan bermalas-malasan ya saat cuaca dingin. Tapi ingat,kamu juga harus mengetahui batasan kekuatan tubuh kamu. Jika rasanya memang tidak sanggup berolahraga dengan cuaca dingin, tentu saja tidak perlu dipaksakan. (ikh)

Baca juga: Olahraga Lebih Mudah Sambil Mendengarkan Musik?

Kredit : digdo


Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH