Olahraga Ini Diyakini Bisa Bikin Badan Tinggi, Mitos atau Fakta? Tinggi badan ternyata dipengaruhi oleh faktor genetik. (Foto: Pixabay/taoonex)

ADA beberapa olahraga yang diklaim dapat membuat badan menjadi lebih tinggi. Pada kenyataannya, bukan olahraganya yang dapat memanjangkan otot dan meninggikan badan, melainkan faktor genetik seseorang. Untungnya, ada beberapa olahraga yang memang bisa membuat postur tubuh seseorang lebih bagus dan terkesan tinggi.

Melihat para pemain basket dan atlet renang yang memiliki postur tubuh tinggi membuat kita mengira efek dari olahraga yang ditekuninya. Namun, benarkah demikian? Simak beberapa olahraga yang diklaim bikin tinggi tubuh berikut ini.

Baca Juga:

Ingin Tumbuh Tinggi? Asup Nutrisi Ini

1. Basket

(Foto 1) Berat badan akan menekan tulang dan otot saat melompat. Foto by Pixabay skeeze
Berat badan akan menekan tulang dan otot saat melompat. (Foto: Pixabay/skeeze)

Olahraga yang diklaim dapat membuat badan menjadi lebih tinggi adalah basket. Jika diperhatikan, gerakan-gerakan basket secara umum adalah lari jarak pendek, berhenti, dan melompat. Namun pada kenyataannya, ketika kita melompat untuk mengoper atau memasukkan bole ke dalam ring, berat badan justru menekan tulang dan otot. Setelah selesai melompat, kita akan mendarat yang membuat terjadinya kompresi pada bagian tulang belakang. Kompresi dan dekompresi ini diklaim dapat menstimulasi aliran darah, bukan menambah tinggi badan.


2. Renang

(Foto 2) Semakin tinggi badan, semakin mudah untuk melakukan gaya renang. Foto by Pixabay/12019)
Semakin tinggi badan, semakin mudah untuk melakukan gaya renang. (Foto: Pixabay/12019)

Banyak orang mengira olahraga renang membuat badan menjadi lebih tinggi. Tapi sebenarnya, mereka yang bertubuh tinggilah yang akan cenderung jago karena membantu mereka berenang dengan optimal. Tubuh yang tinggi juga memberikan keleluasaan bagi gerakan tangan, kaki, hingga punggung ketika bergerak maju ke depan. Mereka juga bisa melakukan gerakan seperti gaya punggung, kupu-kupu dan gaya lainnya dengan mudah berkat tinggi badan. Meski demikian, renang dapat membuatmu menjadi lebih kuat terutama pada organ paru-paru.

Baca Juga:

Tambah Tinggi Badan dengan Konsumsi Jamur


3. Lompat tali

(Foto 3) Lompat tali cocok untuk membakar lemak. Foto by Pixabay 12019
Lompat tali cocok untuk membakar lemak. (Foto: Pixabay/12019)

Olahraga yang diklaim dapat meninggikan badan berikutnya adalah lompat tali. Dengan gerakan loncat secara berkala, olahraga lompat tali dapat menyebabkan tulang belakang semakin tertarik dan memicu lempeng pertumbuhan. Tak perlu khawatir, lompat tali bermanfaat bagi kamu yang ingin membakar lemak hingga menstimulus hormon pertumbuhan yang meningkatkan tinggi badan.


4. Yoga dan pilates

(Foto 4) Yoga membuat postur tubuh menjadi lebih ideal. Foto by Pixabay StockSnap
Yoga membuat postur tubuh menjadi lebih ideal. (Foto: Pixabay/StockSnap)

Olahraga yang fokus pada postur tubuh dan teknik pernapasan ini kerap dipandang sebelah mata. Ternyata, teknik pernapasanlah yang justru membuat otot tetap rileks dan bisa ditarik semakin jauh. Ini sebabnya yoga dan pilates membuat postru tubuh seseorang lebih ideal. Olahraga ini juga cocok bagi kamu yang keseharian dalam pekerjaannya memaksa untuk duduk dalam durasi waktu yang cukup lama. (And)

Baca Juga:

Pria Tinggi Lebih Menarik Perempuan?


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH