Olahan Pisang Enak dari Lampung, Bisa Buat Oleh-Oleh Lo

Dwi AstariniDwi Astarini - Senin, 28 Januari 2019
Olahan Pisang Enak dari Lampung, Bisa Buat Oleh-Oleh Lo
Lampung punya olahan pisang yang enak buat oleh-oleh. (foto: Instagram @yussyakmal)

KOTA Lampung terkenal dengan sajian ikan. Beberapa kuliner khas Lampung memang mirip dengan yang ada di daerah lainnya Sumatra. Semisal pempek yang mirip dengan yang di Palembang. Ada juga berbagai olahan ikan, seperti pepes ikan dengan tempoyak atau pindang ikan yang segar.

Meskipun demikian, ada satu sajian yang khas banget dari Lampung. Apa? Olahan pisangnya tentu saja. Bahkan, oleh-oleh wajib dari Lampung berupa olahan pisang yang nagih banget.

1. Benjak Enjak

benjak enjak
Benjak enjak, kue olahan pisang tradisional. (foto: youtube)


Kue-kue basah nikmat bukan cuma monopoli kuliner Pulau Jawa. Sumatra juga punya banyak jajanan pasar yang enggak kalah nikmat.

Seperti halnya Kota Lampung yang punya kue benjak enjak. Sekilas, kue tradisional ini mirip kue wajik. Namun, bahan pembuatnya sedikit berbeda lo.

Benjak enjak dibuat dengan campuran gula, pisang raja, dan ketan putih. Adonan tersebut dibungkus dalam daun pisang dan dikukus hingga matang. Setelah matang, tekstur kue ini mirip dengan kue lemet dengan rasa manis-legit.

Di Lampung, kue ini dikenal sebagai kudapan dan sajian acara adat. Sajian ini populer di daerah Lampung Tengah dan pesisir. Sementara itu, masyarakat Lampung Selatan mengenal kue ini dengan nama bebai makhing.

Karena waktu simpan yang cukup lama, kue ini bisa banget kamu jadikan oleh-oleh dari Lampung. Enggak susah kok menemukan penganan khas satu ini. Kamu cukup datang ke salah satu toko oleh-oleh yang banyak dibuka di Lampung.

Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan