Olahan Jahe Andalan Menjaga Kesehatan Selama Bulan Puasa Dari wedang sampai sup, olahan jahe baik untuk tubuh selama berpuasa. (foto: pixabay/gate74)

TANAMAN rimpang seperti jahe amat umum ditemukan di Indonesia. Hampir semua rumah tangga di Tanah Air menyimpan jahe sebagai bumbu dapur. Tak hanya sebagai bumbu dapur, tanaman rimpang bernama latin Zingiber officinale ini juga dimanfaatkan sebagai bahan obat. Beberapa jamu dan minuman hangat menggunakan jahe sebagai bahan pembuat.

Di pasaran, ada tiga jenis jahe yang dikenal, yakni jahe gajah/jahe badak, jahe kuning, dan jahe merah. Pasar internasional lebih meminati jahe gajah/badak terutama karena rasanya yang tak terlalu pedas. Selain itu, bentuknya gemuk dan besar dengan warna kuning hingga putih.

Sementara itu, untuk bumbu masakan lokal, jahe yang favorit digunakan ialah jahe kuning. Rasa dan aromanya tajam, tapi ukuran rimpangnya sedang dengan warna kuning. Untuk keperluan farmasi dan jamu, jahe yang digunakan umumnya ialah jahe merah. Hal itu disebabkan kandungan minyak atsiri dan rasa jahe merah yang amat pedas. Rimpang jahe merah merupakan yang terkecil dengan warna kulit merah dan serat yang lebih besar ketimbang jahe biasa.

Apa pun jenis olahannya, jahe amat bermanfaat untuk tubuh. Berbagai olahan jahe dipercaya memberikan manfaat yang tak sedikit. Berikut berbagai olahan jahe yang bisa bikin badan kamu sehat.

1. Wedang jahe atasi kram menstruasi

jahe
Wedang jahe usir kram saat menstruasi. (foto: pixabay)

Kaum perempuan pasti pernah mengalami rasa perut yang sakit seperti diremas ketika sedang haid. Ya, kram menstruasi memang mengganggu. Tidak jarang, kram perut yang mendera bikin perempuan gampang naik pitam. Sebagai penawar, memang tersedia obat penahan rasa sakit, tapi mengasup terlalu sering obat penahan rasa sakit bisa memberi kamu efek samping.

Daripada menelan obat, lebih baik pakai cara tradisional. Caranya, minumlah wedang jahe. Hangatnya jahe akan meredakan kembung dan rasa begah yang kerap muncul saat menstruasi.

Siapkan jahe yang dipotong tipis, air, dan gula merah. Rebus air sampai mendidih, masukkan jahe dan aduk. Setelah itu masukkan gula merah dan aduk sampai gula merah mencair. Biarkan selama beberapa menit dan angkat.

2. Teh lemon jahe madu bikin rileks

Teh lemon jahe bikin rileks. (foto: arrojol)

Tak ada yang lebih nikmat ketimbang kesempatan untuk rileks setelah seharian beraktivitas. Badan yang terasa lelah dan pegal tentu butuh penawar. Tak mungkin kan, pergi ke SPA setiap hari. Solusinya, kamu bisa menyeruput teh lemon jahe madu.

Cara membuatnya pun amat mudah. Rebus air terlebih dahulu, lalu masukkan daun teh dan potongan jahe. Selagi menunggu, kamu bisa menuang madu dan lemon di gelas. Setelah air jahe sudah mendidih, angkat, lalu saring. Ramuan teh lemon jahe madu pun siap kamu seruput.

3. Smoothie jahe wortel mangga tingkatkan energi

Smoothie wortel, mangga, dan jahe naikkan energimu. (foto: rumahsemuti)

Pernah enggak merasa energimu seperti terkuras? Di bulan puasa, tubuh memang mudah terasa lelah karena energi yang habis terpakai. Tubuh yang cepat lelah bikin rentan terserang penyakit lo. Oleh karena itu, kamu wajib menambah ebergi tubuh sehingga punya tambahan kekuatan untuk menjalankan aktivitas harian.

Selain dari makanan, kamu bisa mencoba smoothie jahe wortel mangga untuk meningkatkan energimu. Campurkan madu, mangga, dan wortel yang sudah dipotong-potong, jahe segar yang sudah diiris, air, dan sedikit yoghurt. Masukkan ke blender dan campurkan. Minuman penambah energi pun siap kamu nikmati.

4. Air infused jahe bersihkan tubuh dari racun

Infused water jahe dan lemon usir racun dari tubuh. (foto: penulispro)


Campuran lemon dan jahe memang udah terkenal banget sebagai minuman detoksifikasi tubuh. Cara membuatnya mudah banget kok. Potong kulit lemon dan bersihkan jahe. Penting banget untuk membuang kulit lemon, karena itu bisa bikin minuman kamu jadi pahit. Setelah itu, masukkan semuanya ke botol berisi air dan dinginkan semalaman di kulkas. Air infused jahe siap menemani kamu seharian.


5. Air sup jahe tumpas flu dan sakit tenggorok

sup jahe
Sup jahe dengan kaldu ayam usir flu. (foto: myrecipe)

Saat flu, semangkuk sup ayam amatlah dianjurkan. Nah, biar makin sehat, tambahkan jahe. Kuah sup akan bikin badan kamu hangat. Rasa hangatnya akan sangat melegakan ketika lewat di tenggorokan, apalagi kalau sedang berasa gatal-gatalnya.

Untuk membuatnya, kamu hanya perlu jahe yang sudah dipotong, bawang putih yang dimemarkan, air, perasan jeruk lemon, dan sedikit kaldu ayam. Tambahnan kaldu ayam akan membuat air sup menjadi semakin bercita rasa. Saat air sudah mendidih, masukkan jahe, bawang putih, dan kaldu ayam. Setelah aroma jahe dan bawang putih menguar, masukkan perasan jeruk lemon. Sajikan saat masih hangat ya.(*)



Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH