Sains

Oksigen dapat Diproduksi di Planet Mars

P Suryo RP Suryo R - Rabu, 30 November 2022
Oksigen dapat Diproduksi di Planet Mars
Mungkinkah manusia tinggal di planet Mars. (Unsplash/Planet Volumes)

PLANET Mars tengah menjadi incaran para pakar untuk membawa manusia hidup di sana. Hanya saja permasalahan oksigen kerap bermain di kepala para pakar. Mereka kemudian berusaha membuat alat yang mampu menunjang kehidupan manusia disana.

Mereka berhasil membuat alat produksi oksigen berukuran kotak makan siang yang konon dapat menunjang kehidupan manusia selama 18 bulan. Jika pemnemuan itu disempurnakan bukan mustahil manusia dapat membangun koloni di Mars.

Para pakar di NASA mengubah karbondioksida menjadi oksigen yang mampu menunjang kehidupan manusia di planet merah itu atau mungkin planet-planet lainnya.

Baca Juga:

Planet Mana yang Paling Ingin Dikunjungi Manusia?

alat
Penemuan alat penghasil oksigen di Mars memungkinkan manusia tinggal di planet merah itu. (Unsplash/Max Letek)

Sejak wahana penelitian mendarat di Mars, para pakar MIT yang ada di NASAberusaha menciptakan alat penghasil oksigen. Maka kemudian lahirlah Mars Oxygen In-Situ Resource Utilization Experiment atau disingkat menjadi MOXIE. Mereka sudah menjalankan serangkaian percobaan seperti memproduksinya untuk kehidupan satu pohon kecil. Oksigen yang diproduksi oleh MOXIE itu bekerja sepanjang hari dan pada berbagai kondisi musim.

Bila MOXIE itu bisa bekerja dengan baik maka astronot dapat beraktivitas di Mars tanpa bantuan alat penunjang. Bahkan alat ini mampu menunjang kebutuhan oksigen untuk roket kembali ke Bumi.

Michael Hecht yang terlibat dalam proyek ini mengatakan bahwa ini meruapakan kemajuan dari penelitian di planet Mars. Tentunya menjadi harapan bahwa planet merah itu bisa didiami oleh manusia.

Baca Juga:

5 Jenis Hujan Teraneh di Planet-Planet, dari Besi hingga Berlian

alat
Tak perlu memakai alat penunjang kehidupan lagi. (Unsplash/Alex Vamos)

Jeffrey Hoffman yang menjadi prinsipal MOXIE mengungkapkan bahwa ini menjadi demonstrasi bahwa dengan memakai sumber-sumber dari permukaan planet dan mengubahnya secara kimia untuk dapat menunjang misi-misi manusia. Apalagi menurutnya atmosfer Mars lebih beragam ketimbang Bumi.

Namun tentu saja ada kendala dalam mengaktifkan alat itu di Mars. Menurut para pakar, ada beberapa hal yang dapat mempengaruhi alat itu, seperti suhu di Mars, termasuk pula debu yang kerap menyelimuti permukaan planet. Meskipun demikian mereka optimis bahwa alat itu dapat memproduksi oksigen meskipun permukaan planet tengah berdebu dan suhu yang tak bersahabat.

Mereka yakin dapat mengoperasikan alat itu dalam kondisi apapun, tentunya setelah melakukan percobaan di laboratorium. Saat ini mereka tengah berusaha untuk meningkatkan kapasitas MOXIE dari yanga da saat ini. Kabarnya saat yang tepat untuk memproduksi oksigen lebih banyak adalah saat musim semi di Mars. Saat itu kondisi karbondioksidanya tengah mencapai puncak. (psr)

Baca Juga:

Keren, 5 Planet Ini Bisa Dilihat dengan Mata Telanjang dari Bumi

#Sains #Teknologi
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan