Oknum Danramil Jayapura Utara Minta Bantuan Lebaran ke Warung Makan, TNI AD Minta Maaf

Andika PratamaAndika Pratama - Rabu, 27 April 2022
Oknum Danramil Jayapura Utara Minta Bantuan Lebaran ke Warung Makan, TNI AD Minta Maaf
Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad) Brigjen TNI Tatang Subarna. Foto: Youtube TNI AD

MerahPutih.com - Oknum Danramil 1701-02/Jayapura Utara Kapten Inf YS mengirimkan surat ke sejumlah warung makan untuk meminta bantuan Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah. Surat permintaan sumbangan itu pun menjadi viral di media sosial.

Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad) Brigjen TNI Tatang Subarna mengatakan, beredarnya surat tersebut sudah mencoreng nama baik institusi TNI AD. Ia pun meminta maaf atas tindakan Kapten Inf YS.

Baca Juga

Ingatkan Anggota TNI AD, DPR: Wajib Bela Rakyat tapi Sesuai Aturan

"Kepada semua pihak, yang telah dirugikan oleh perbuatan oknum Danramil 1701-02/Jayapura tersebut, kami mewakili institusi TNI AD memohon maaf sebesar-besarnya," ujarnya di Jakarta, Rabu (27/4).

Dia memastikan, Dandim 1701 Jayapura pun telah memerintahkan oknum tersebut agar menarik kembali surat permintaan yang telah disebar ke beberapa pedagang. Barang yang telah diterima juga diminta untuk dikembalikan.

"Dandim 1701/Jayapura telah memerintahkan Danramil 1701-02/Jayapura Utara untuk menarik surat tersebut dan mengembalikan semua bantuan yang telah diterima oleh Koramil," jelasnya.

Surat permintaan bantuan Danramil 1701-02/Jayapura Utara, Yubelinus Simbiak kepada pengelola warung makan di Jayapura. Foto: Twitter

Tatang menyayangkan tindakan yang dilakukan oleh Kapten YS. Dia memastikan, sanksi akan diberikan oleh TNI AD atas tindakan yang dinilai merugikan nama baik TNI AD.

Surat permintaan, kata Tatang, dibuat tanpa sepengetahuan atau tanpa ada perintah dari Dandim 1701/Jayapura Utara selaku atasan langsung Danramil

"TNI AD sangat menyayangkan tindakan yang dilakukan oknum Danramil 1701-02/Jayapura Utara, dan akan memberikan sanksi karena telah mencoreng nama baik institusi,"tutur dia.

Tatang turut mengimbau kepada masyarakat yang menjumpai kejadian serupa untuk tak segan melaporkan. Pelaporan bisa disampaikan ke satuan TNI AD terdekat di wilayah masing-masing.

"Kami mengimbau kepada semua pihak, apabila menemui hal-hal atau kejadian yang merugikan dilakukan oleh prajurit TNI AD, dimohon untuk melaporkan atau mengkonfirmasi kepada satuan TNI AD terdekat," ungkapnya. (Knu)

Baca Juga

Dandim 0508 Depok Klarifikasi Video Oknum Anggota TNI AD Memiting Warga

#TNI AD
Bagikan
Bagikan