Headline

Ojol Ancam Demo Besar-besaran Saat Asian Games, PPOI: Bermotif Politik

Eddy FloEddy Flo - Rabu, 08 Agustus 2018
Ojol Ancam Demo Besar-besaran Saat Asian Games, PPOI: Bermotif Politik
Dewan Pembina Persatuan Ojek Online Indonesia yang juga Aktivis Buruh Transportasi, Cecep Handoko (MP/Fadhli)

MerahPutih.Com - Dewan Pembina Persatuan Ojek Online Indonesia yang juga Aktivis Buruh Transportasi, Cecep Handoko meminta seluruh pengemudi atau driver ojek online untuk bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban saat Asian Games 2018.

Imbauan tersebut dinyatakannya menyusul ada rencana demonstrasi besar pengemudi Ojek Online (ojol) saat pagelaran pesta oleh raga terbesar Asia tersebut.

"Kita bersama-sama harus mensukseskan Asian Games ini. Indonesia diberi kepercayaan sebagai tuan rumah tentunya harus memuliakan tamu, apalagi ini skalanya asia, negara-negara tetangga akan melihat Indonesia lebih dekat," kata Cecep kepada awak media di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Rabu (8/8).

Pria yang akrab disapa Ceko itu pun mempertanyakan ke Indonesiaan dan jiwa nadionalisme jika ada pihak-pihak yang ingin melakukan demonstrasi saat pembukaan Asian Games.

Cecep Handoko bersama para driver ojol
Cecep Handoko (baju batik) bersama para driver ojol di Jakarta (Foto: MP/Fadhli)

"Kita dengar sahabat-sahabat seperjuangan ojek online di sebelah ingin melakukan demonstrasi, ini sangat disayangkan, seharusnya kita malah dukung Asian Games ini, kok ini malah demo," ujarnya.

Meski begitu, lanjut Ceko, bukan berarti ada penafian terhadap persoalan Ojol belakangan ini. Hanya saja, menurutnya akan lebih baik jika aksi unjuk rasa tersebut ditangguhkan dulu.

"Persoalan tarif memang persoalan bersama, pihaknya juga mendukung perjuangan tersebut. Namun tidak mengorbankan nama baik dan Martabat Indonesia di mata dunia."

"Perjuangan kenaikan tarif kami dukung, kami juga ingin pihak aplikator lebih kooperatif dan lebih terbuka, serta mendengarkan keluhan-keluhan driver," tuturnya.

Dia pun menuding, jika ada organisasi Ojol yang memprakarsai unjuk rasa saat pagelaran Asian Games 2018, dipastikan aksi tersebut bermotif politik.

"Jadi kalau ada yang demo, itu pasti ditunggangi oknum politik," tandasnya.

Ketua DPR Bambang Soesatyo
Ketua DPR Bambang Soesatyo (Foto: MP/Ahmad)

Sementara itu, secara terpisah Ketua DPR Bambang Soesatyo menilai ancaman pengemudi ojek online (ojol) akan melakukan aksi pada saat pembukaan Asian Games ke-18 pada 18 Agustus akan mengganggu aktivitas masyarakat yang berdampak dapat mencoreng citra bangsa Indonesia.

Ancaman demo dari para pengemudi ojek daring akan mengganggu aktivitas masyarakat. Apalagi dilakukan pada saat Indonesia sedang menyelenggarakan event internasional Asian Games," kata Bambang Soesatyo melalui pernyataan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu (8/8).

Bambang Soesatyo yang akrab disapa Bamsoet mengatakan para pengemudi ojek daring agar mengurungkan ancaman tersebut karena guna menjaga aktivitas masyarakat tetap berjalan normal.

"Harus ada musyawarah bersama agar pengemudi ojek online tidak demo dan aktivitas masyarakat berjalan normal," katanya.(Fdi)

Baca berita menarik lainnya dalam artikel: Timnas U-16 Siap Cetak Sejarah, Malaysia Punya Catatan Apik

#Ojek Online #Asian Games 2018 #Bambang Soesatyo #Demo Ojol
Bagikan
Ditulis Oleh

Fadhli

Berkibarlah bendera negerku, tunjukanlah pada dunia.
Bagikan