OJK Siap Danai Pembangunan 10 Destinasi Wisata Baru di Indonesia Presiden Jokowi Kunjungi saat mengunjungi Pulau Samosir, Sumatera Utara, Minggu (21/8/2016). (Foto: Facebook/Presiden Joko Widodo)

MerahPutih Keuangan - Pemerintah terus melakukan percepatan pembangunan 10 destinasi wisata baru di Indonesia. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyatakan siap mendanai program tersebut. Koordinasi telah dilakukan OJK dengan Menteri Pariwisata.

"Saat ini kami terus melakukan komunikasi dengan bapak menteri pariwisata terkait pembiayaan," kata Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Muliaman D. Hadad saat ditemui di Kantor Kementerian Sosial, Salemba, Jakarta Pusat, Kamis (17/11).

Menurut Muliaman pembiayaan dilakukan dengan Reksa Dana Penyertaan Terbatas (RDPT) dan berbagai macam perusahaan pembiyaan.

"Kita akan sediakan fasilitas untuk homestay di berbagai tempat dulu. Sedangkan untuk anggaran terserah berapa biaya yang dibutuhkan pihak bank siap saja," jelasnya.

Menurut Muliaman, rencananya pembangunan tempat wisata dimulai di daerah Toba, selanjutnya Lombok Selatan.

"Kita mengawali pembangunan itu di Toba dan sekitarnya dengan dibuatkan home stay. Begitu pula dengan Lombok Selatan," tuturnya.

Selain Danau Toba dan Lombok, destinasi wisata baru yang jadi prioritas pembangunan pemerintah ayaitu Belitung, Tanjung Lesung, Kepulauan Seribu, Candi Borobudur, Gunung Bromo, Pulau Komodo, Taman Nasional Wakatobi, dan Morotai. (Abi)


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH