OJK Gelar Keuangan Syariah Fair 2017 di Cirebon Kegiatan Keuangan Syariah Fair 2017 di Cirebon, Jawa Barat, Jumat (11/8). (MP/Mauritz)

MerahPutih.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus mendukung pengembangan keuangan nasional khususnya dalam mendorong peranan keuangan syariah di berbagai sektor ekonomi.

Sebagai wujud dukungan OJK terhadap pengembangan keuangan syariah adalah melalui rangkaian kegiatan Kampanye Aku Cinta Keuangan Syariah (ACKS).

OJK bersama industri keuangan syariah secara rutin melaksanakan salah satu program unggulan bertajuk Keuangan Syariah Fair (KSF) yang dikemas dalam format pameran (expo) industri keuangan syariah dengan peserta dari tiga industri keuangan syariah yaitu, perbankan syariah, pasar modal syariah, dan industi keuangan bon-bank (IKNB) syariah.

Kegiatan KSF bertujuan untuk meningkatkan awareness, pemahaman dan utilitas masyarakat terhadap produk keuangan syariah dengan target peningkatan jumlah konsumen atau investor produk keuangan syariah dan peningkatan pemahaman masyarakat tentang produk dan jasa keuangan syariah.

"Di tahun 2017 ini merupakan yang kedua, yang pertama (KSF) digelar di Semarang," kata Kepala OJK Cirebon Muhamad Lutfi, Jumat (11/8).

Menurut Lutfi, Kota Cirebon terpilih sebagai salah satu kota pelaksanaan Keuangan Syariah Fair di tahun 2017 karena potensi pasar yang terbuka lebar bagi berkembangnya industri keuangan syariah.

Di samping itu, Kota Cirebon sangat strategis karena letaknya dilintasi oleh jalur Pantura di mana pembangunan ekonomi kreatif & UMKM berkembang pesat bahkan disebut-sebut sebagai salah satu kawasan emas Jawa Barat dengan kekuatan aspek heritage dan masyarakat yang dinamis.

Rangkaian KSF Cirebon diikuti oleh 30 industri keuangan syariah, yang terdiri 10 industri perbankan syariah, 14 industri keuangan non bank syariah, dan 6 industri pasar modal syariah dengan koordinator dari industri perbankan syariah, yaitu CIMB Niaga Syariah dan BJB Syariah. (*)

Berita ini merupakan laporan dari Mauritz, kontributor merahputih.com untuk wilayah Cirebon dan sekitarnya. Baca juga berita lainnya dalam artikel: Perusahaan Qatar Berminat Bangun Hotel Syariah Di Lokasi Wisata Lombok


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH