Odin di MCU Adalah Sosok Ayah yang Buruk, Ini Buktinya

annehsannehs - Minggu, 25 Juli 2021
Odin di MCU Adalah Sosok Ayah yang Buruk, Ini Buktinya
Hela dan Odin. (Foto: Marvel)

ODIN, ayah dari Thor dan Loki menjadi salah satu karakter yang punya peran penting di Marvel Cinematic Universe. Mantan Raja Asgard itu juga memiliki tugas penting dalam menjaga Nine Realms agar tetap berada dalam keadaan yang aman dan damai.

Di sisi lain, ia tidak selalu menjadi sosok ayah terbaik bagi anak-anaknya. Bahkan, perilaku Odin memungkinkan anak-anaknya untuk menjadi versi terburuk dari diri mereka sendiri. Dilansir dari CBR, berikut merupakan tiga bukti Odin tidak menjadi sosok ayah yang baik di MCU.

Baca juga:

Bayaran Tom Hiddleston untuk Karakter Loki Meningkat 4,900 Persen

1. Odin mengadopsi Loki hanya untuk gencatan senjata dengan Jotunheim

Loki. (Foto CBR)
Bayi Loki. (Foto: CBR)

Ketika berperang dengan Frost Giants di Jotunheim, Odin menemukan bayi Loki yang ditinggalkan sendiri di sebuah kuil. Odin pun memutuskan untuk mengangkatnya sebagai anak.

Ia mengakui bahwa niatnya adalah untuk membentuk Loki sebagai raja, khususnya yang mengatur Jotunheim. Dengan cara ini, Odin berharap bahwa ia bisa mengalahkan musuh terbesarnya di Jotunheim jika putra angkatnya yang berkuasa.

Tidak heran, Loki merasa sangat sedih ketika mengetahui bahwa dirinya hanya digunakan sebagai pion bagi urusan politik dan pemerintahan ayahnya.

2. Odin memutuskan hubungan dengan anaknya dengan cara dibuang

Hela. (Foto Marvel)
Hela. (Foto: Marvel)

Odin tidak hanya sekali 'membuang' anaknya. Hela, anak pertama Odin yang menjadi musuh utama dalam film Thor: Ragnarok dijebak dan dikunci oleh ayahnya sendiri di Hel. Alasannya, Hela telah tumbuh menjadi pribadi yang terlalu rakus kekuasaan dan merugikan banyak orang.

Padahal, Odin sebelumnya memanfaatkan ambisi Hela untuk berperang dan menaklukkan banyak tempat untuk memperluas kekuasaannya.

Ketika Thor menjadi terlalu arogan dan hanya menginginkan perang, Odin juga menghukum Thor dengan cara melucuti kekuatannya dan membuangnya ke Midgard alias Bumi.

Begitu juga dengan Loki sekembalinya ia dari Bumi. Setelah ia melakukan banyak tindakan kriminal di Bumi, Odin memutus hubungan dengan Loki dan memenjarakan Loki di penjara bagi Asgardian.

Baca juga:

Inspirasi di Balik Megahnya Visual Serial ‘Loki’

3. Tidak memberikan peringatan soal Hela sebelumnya

Hela lebih kuat dari Thor dan Loki.  (Foto- Marvel)
Hela lebih kuat dari Thor dan Loki. (Foto: Marvel)

Odin dianggap sebagai ayah yang buruk karena tidak pernah memperingatkan Thor dan Loki mengenai kehadiran Hela. Apalagi mengingat kekuatan Hela yang jauh lebih tinggi ketimbang Loki dan Thor.

Tindakan ini berhasil membuat Loki dan Thor sangat rapuh ketika menghadapi Hela. Para Asgardian juga menanggung akibat dari ketidaksiapan para pemimpin dalam menghadapi ancaman.

Jika Odin telah menceritakan soal Hela, mungkin Thor akan melakukan latihan mati-matian untuk melawan kakak perempuannya. (SHN)

Baca juga:

Palu Mjolnir Berubah Jadi Senjata Terkuat di Film 'Thor: Love and Thunder'

#Marvel #Marvel Comics # Marvel Cinematic Universe #Thor
Bagikan
Ditulis Oleh

annehs

Bagikan