ODHA di Solo Meningkat, Data Terbaru Sekitar 140 Orang Meninggal Dunia Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Solo menggelar aksi peduli terhadap ODHA di CFD Jalan Slamet Riyadi, Solo, Jawa Tengah, Minggu (1/12). (MP/Ismail)

MerahPutih.Com - Programmer Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Solo, Jawa Tengah, Tomy Prawoto mencatat jumlah orang dengan HIV/Aids (ODHA) di Solo meningkat 67 orang sampai bulan Juni 2019.

Sementara data akumulasi tahun 2005-2019 jumlah ODHA di Solo sebanyak 744 orang. Kemudian sebanyak 140 orang meninggal dunia.

Baca Juga:

2016, Kemensos Berencana Siapkan Tiga Panti ODHA

"Tahun ini jumlah ODHA di Solo justru mengalami peningkatan dibandingkan tahun 2018 dibulan sama. Pada bulan Januari-Juni 2018 jumlah ODHA Solo hanya sekitar lima orang," ujar Tomy saat Peringatan Hari Aids Sedunia 2019 di rumah dinas Wali Kota Solo, Loji Gandrung, Solo, Jawa Tengah, Minggu (1/12).

Panti ODHA di Solo Jawa Tengah, milik KPA Solo
Lokasi penampungan anak ODHA di TMP Kusuma Bhaktoli, Jurug, Kecamatan Jebres, Solo, Jawa Tengah, Minggu (1/12). (MP/Ismail)

Ia mengungkapkan jumlah ODHA di Solo kebanyakan dari usia produktif, yakni 20 tahun sampai 50 tahun. Kebanyakan mereka tertular penyakit mematikan ini karena kontak langsung dengan penderita ODHA.

Sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Solo, Harsoyo Soepodo mengatakan sebagian besar orang banyak belum tahu soal HIV Aids saat bertemu langsung dengan ODHA. Akibatnya mereka ada yang tertular.

"Ya orang-orang yang terjangkit virus HIV belum memiliki pemahaman yang cukup mengenai penyakit menular itu. Faktor itu yang menyebabkan ODHA di Solo tahun ini naik," terangnya.

Baca Juga:

Puskesmas Cilandak Berlakukan BPJS Bagi Penderita ODHA

Meskipun dari segi kasus jumlah ODHA meningkat, kata dia, kesadaran masyarakat dalam melawan ODHA juga meningkat. Selain itu, ODHA juga sudah mulai memberanikan diri terbuka dengan memeriksakan penyakitnya di rumah sakit.

"Kami juga punya WPA (Warga Peduli Aids) di setiap kelurahan dalam membantu pencegahan penyakit menular itu. Pemkot Solo juga punya lokasi penampungan anak ODHA yang dikelola Pemerintah Provinsi Jawa Tengah," pungkasnya.(*)

Berita ini ditulis berdasarkan laporan Ismail, reporter dan kontributor merahputih.com untuk wilayah Jawa Tengah.

Baca Juga:

Waw, Pengobatan HIV-AIDS Diprediksi Habiskan Dana 13 Triliun



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH