Kesehatan

ODHA Bisa Hidup Sehat, ini Tipsnya

Dwi AstariniDwi Astarini - Jumat, 01 Desember 2023
ODHA Bisa Hidup Sehat, ini Tipsnya
Pola hidup sehat sangatlah penting, terlebih para OHDA.(foto: pexels, cottonbro studio)

BAGI mereka yang hidup dengan AIDS, menjaga kesehatan bukan hanya menjadi kebutuhan, melainkan juga sebuah perjalanan harian yang penuh tantangan. Meskipun AIDS masih menjadi kondisi serius, ada berbagai langkah yang dapat diambil untuk meningkatkan kualitas hidup dan mendukung sistem kekebalan tubuh. Dalam upaya memberikan panduan yang bermanfaat, berbagai tip hidup sehat telah menjadi kunci untuk menghadapi kondisi ini, mulai dari pola makan seimbang hingga mengatur stres.

Seperti dikabarkan Alodokter, HIV merupakan virus yang merusak sistem kekebalan tubuh. Jika ditelantarkan tanpa penanganan serius, infeksi HIV dapat berkembang menjadi AIDS yang sangat berbahaya. Meski belum bisa disembuhkan, beberapa langkah sederhana bisa dilakukan para ODHA yang bermanfaat memperpanjang harapan hidup sekaligus meningkatkan kualitas hidup mereka.

BACA JUGA:

Rekomendasi PB IDI untuk Penanganan HIV AIDS

Bagi penderita AIDS, pola hidup sehat yang harus diutamakan. Oleh karena itu, ada beberapa tip menjalani hidup dengan HIV/AIDS yang disarankan untuk dilakukan.

Minum obat antiretroviral

obat arv
Kamu wajib mengonsumsi obat antretroviral dengan rutin.(foto: pexels, cottonbro studio)


HIV/AIDS memang belum bisa disembuhkan secara total. Namun, pengobatan penting dilakukan untuk menekan jumlah virus dan mencegah virus HIV semakin melemahkan sistem kekebalan tubuh penderita. Obat antiretroviral ini menjadi obat yang wajib kamu konsumsi secara rutin karena dianggap ampuh meminimalkan.

Menjaga berat badan ideal


Berikutnya kamu juga wajib menjaga berat badan, jika kamu memiliki badan yang terlalu gemuk atau terlalu kurus dapat memperburuk kondisi penyakit dan berpotensi menimbulkan masalah kesehatan lainnya.

Mengonsumsi makanan tinggi nutrisi


Kamu juga disarankan untuk mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi, seperti buah, sayur, biji-bijian, telur, dan susu. Hal ini disebabkan karena, makanan tinggi nutrisi dapat menguatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu tubuh memeroleh nutrisi dan energi, serta menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh.

BACA JUGA:

Proyek Parkir Solo Safari, Rumah Penampungan Anak-Anak HIV/AIDS Terancam Digusur

Olahraga secara rutin


Olahraga dapat meningkatkan kekuatan, kebugaran tubuh, serta membantu sistem kekebalan tubuh agar bekerja lebih baik dalam melawan infeksi. Olahraga yang bisa kamu lakukan, seperti bersepeda, berjalan, atau jogging.

Menghindari rokok dan minuman alkohol

olahraga
Selain mengonsumsi obat kamu juga penting untuk berolahraga seminggu tiga kali.(foto: pexels, pixabay)

Memulai hidup sehat, bagi kamu penderita HIV/AIDS diwajibkan untuk berhenti kebiasaan merokok. Karena merokok berisiko tinggi mengalami gangguan kesehatan, seperti kanker paru-paru, penyakit jantung, dan penyakit paru obstruktif kronis.

Mengurangi stres


Selain rentan terserang virus, penderita HIV/AIDS tak jarang mengalami tekanan batin yang disebabkan oleh lingkungan dan sebagainya. Banyak penderita HIV/AIDS yang mengalami gangguan mental, seperti depresi dan gangguan cemas. Oleh karena itu, penting untuk memilih mengelola stres dengan baik, dan penting pula untuk mencari rekan sebaya yang dapat memberi dukungan emosional yang positif.(zvw)

BACA JUGA:

Troye Sivan Bintangi Film tentang HIV/AIDS

#Kesehatan #HIV/AIDS
Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan