Obesitas Membuat Siklus Menstruasi Terganggu Obesitas membuat siklus hadi terganggu (Foto: Pixabay)

OBESITAS menjadi hal yang paling ditakutkan oleh banyak orang. Terlebih kondisi tersebut menjadi penyebab masalah-masalah lain di dalam tubuh. Salah satunya mengganggu masa menstruasi bagi kaum hawa.

Dilansir dari Antaranews.com, dokter spesialis kebidanan dan kandungan konsultan fertilitas di Rumah Sakit Pondok Indah, Kanadi Sumapraja menjelaskan kalau obesitas dan siklus haid sangat berhubungan.

Itu terjadi karena penumpukan lemak di tubuh meningkatkan daya kerja hormon insulin. Hormon ini berfungsi mengatur kadar gula darah yang berujung pada terganggunya pematangan sel telur.

Baca juga:

Waspadai Perlemakan Hati, Jaga 3 Hal Ini

Obesitas menjadi penyebab masalah kesehatan (Foto: Pixabay)
Obesitas menjadi penyebab masalah kesehatan (Foto: Pixabay)

“Oleh karena itu, salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk memperbaiki kesuburan pada orang-orang mengalami gangguan menstruasi ditambah obesitas adalah mengurangi jaringan lemaknya,” tutur Kanadi.

Cara lain untuk mengatasi masalah tersebut ialah pemberian obat yang mampu meningkatkan sensitivitas hormon. Dengan begitu daya kerja hormon turun.

Baca juga:

Diet Ketogenik Efektif Turunkan Berat Badan Tetapi Beresiko Tinggi

Mengurangi obesitas adalah cara terbaik melancarkan haid (foto: pixabay/terovesalaenan)
Mengurangi obesitas adalah cara terbaik melancarkan haid (foto: pixabay/terovesalaenan)

“Supaya jangan sampai kelenjar yang menghasilkan hormon insulin rusak karena dipaksa menghasilkan hormon insulin dengan kadar yang tinggi, kita berikan obat-obatan” tutur Kanadi.

Namun, dibandingkan pemberian obat, lebih baik memperbaiki kondisi tubuh agar tidak obesitas dengan memperbaiki asupan makanan dan aktivitas. Diet yang sehat juga bisa dijalani sehingga mendapat tubuh ideal.

“Mencoba perbaiki kondisi tubuhnya, dengan mengurangi jaringan lemak dengan perbaiki asupan makanan dan aktivitasnya, sehingga ada keseimbangan antara kalori yang masuk dengan yang keluar,” ujarnya.

Di kesempatan berbeda, dokter spesialis obstetri dan ginekologi di RSU Bunda Jakarta, Cindy Rani Wirasti juga mengatakan hal yang sama. Lemak sangat mempengaruhi siklus menstruasi. Ia menyarankan kalau para perempuan sebaiknya memiliki indeks massa tubuh tormal yakni 19-23. (Yni)

Baca juga:

Diabetes Harus Diatasi Sebelum Terlambat


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH