Obati Rasa Cemas Berlebih secara Mandiri, Mudah Saja Cara mandiri mengobati rasa cemas berlebih. (Anthony Tran/unsplash)

SETIAP orang pasti pernah mengalami kecemsan. Tapi kalau kamu selalu resah, kamu harus hati-hati loh! Karena itu seperti candu, resah bisa jadi kebiasaan yang tidak baik untukmu dan orang disekitarmu.

Rasa cemas atau resah berlebih juga bisa membuat kamu tidak sehat secara mental. Karena kamu akan sulit untuk beristirahat, terus menerus berpikir negatif, hingga membuat kamu enggak berkembang alias stay di situ-situ aja.

Baca juga:

Aplikasi Ini Bisa Lacak Kesehatan Mental, Intip Cara Kerjanya

Penting buat kamu ketahui, keresahan berlebih dikenal dengan istilah anxiety yang juga bisa disebut gangguan kecemasan.

Orang yang hidupnya selalu dihantui kecemasan lebih rentan terkena berbagai penyakit, itu karena cenderung merasa hidupnya tidak tenang.

Gejala seperti gemetar, sakit kepala, keringat dingin, sesak napas, dan sebagainya akan sering dirasakan oleh orang yang mengalami anxiety.

Enggak enak kan kalau kamu terush hidup ditemani rasa cemas. Untuk itu, merahputih.com sudah menyiapkan beberapa tips mudah agar kamu terhindar dari rasa cemas berlebih secara mandiri. Yuk simak ulasannya di bawah ini.

1. Tenangkan Diri

Obati Rasa Cemas Berlebih secara Mandiri, Mudah Saja
Carilah ketenangan diri dengan melakukan rangkaian kegiatan positif. (Dominik Wycislo/unsplash)

Menenangkan diri banyak caranya, salah satunya dengan kegiatan rohani. Dengan menyerahkan permasalahan kepada Tuhan, itu akan membuatmu merasa aman dan tidak berpikir negatif. Kamu juga dapat melihat segala sesuatu melalui cara pandang yang berbeda.

Setiap masalah pasti ada jalan keluarnya, tergantung cara yang kamu ambil. Jika kamu berpikir masalah itu besar maka kamu akan melihat kesulitan dan merasa stres saat ingin menyelesaikannya. Namun jika kamu berpikir setiap masalah ada jalan keluarnya maka kamu akan mudah melewatinya.

Selain meningkatkan spiritualitas, kamu juga bisa menambah kegiatan positif lain. Seperti melakukan olahraga teratur dan meninggalkan kebiasaan buruk, termasuk merokok dan meminum kafein berlebih.

Kamu juga tidak perlu memikirkan omongan orang lain tentangmu, apalagi jika omongan tersebut mengarah ke hal negatif. Jika terlalu dipikirkan malah akan membuatmu semakin stres dan tertekan.

Dengan memperbanyak kegitan positif kamu akan menjadi lebih tenang dan sehat. Jadi lebih baik melakukan rangkaian kegiatan yang membangun diri, itu akan membuat kamu merasa lebih baik dan bisa tidur pulas di malam hari.

Baca juga:

Tidak Aneh, Suka Ngomong Sendiri Ternyata Banyak Manfaatnya

2. Bersikap Skeptis

Obati Rasa Cemas Berlebih secara Mandiri, Mudah Saja
Jangan langsung telan informasi, hal tersebut bisa membuatmu merasa tertekan akan rasa cemas. (bruce mars/unsplash)

Penting buat kamu ketahui! Belum tentu kabar burung itu benar, coba untuk memastikannya terlebih dahulu. Jangan mudah percaya dengan tanggapan-tanggapan hoaks.

Karena jika kamu hanya mendengar sesutu dari satu pihak dan kamu mendengar informasi yang salah, nantinya akan merugikan diri sendiri.

Karena hal tersebut akan membuat kamu tidak tenang bahkan membuatmu jadi takut, dengan begitu akan merugikan diri sendiri. Hidupmu akan terus dihantui rasa cemas dan takut.

Untuk mencegah hal itu terjadi, cobalah untuk mencari informasi yang sebenarnya. Dengan mencari lebih banyak informasi, kamu tidak akan rugi kok.

Kamu bahkan bisa mendapatkan pengalaman baru dari orang-orang yang mungkin berguna buatmu. Kamu juga bisa meningkatkan pengetahuan dan eggak merasa cemas berlebih dengan bersikap skeptis.

3. Bergabung dengan Komunitas yang Positif

Obati Rasa Cemas Berlebih secara Mandiri, Mudah Saja
Cari komuniatas dan teman yang melakukan rangkaian kegiatan positif buat kamu keluar dari rasa cemas. (Tiago-Rosado/unsplash)

Terakhir, kamu harus memiliki lingkaran perteman yang memiliki sifat membangun. Jika kamu berada di komunitas yang kurang tepat, kamu secara tidak sadar akan terbawa ke pergaulannya.

Kebiasaan-kebiasaan baikmu akan menghilang, bahkan kamu akan membangun kebiasaan buruk yang membuat kamu semakin hancur. Perlu kamu ketahui teman yang suka gosip akan membuat kamu semakin terpuruk dengan rasa cemas.

Jika kamu sedang mengalami rasa cemas berlebih, usahakan untuk mencari komunitas atau pertemanan yang memiliki rangkaian kegiatan positif. Bukan mereka yang suka gosip, komunitas yang positif akan membicarakan hal-hal berguna yang membuat kamu semakin berkembang.

Masih banyak kegiatan lain yang bisa buat kamu terhindar dari rasa cemas berlebih. Misalnya yoga, meditasi, mendengarkan podcast monolog, mendengarkan lagu kesukaan akan membuat kamu merasa lebih tenang dan rileks.

Jika kamu masih mengalami rasa cemas berlebih, kamu juga bisa memeriksakan diri ke psikolog atau mengikuti kegiatan terapi prilaku kognitif (CBT) baik konsultasi langsung maupun online. (joe)

Baca juga:

Awas! Ini Gejala 'Burnout'



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH