Obati Ponsel Pintar Lemot dengan Cara Sederhana Ini Dengan cara ini dijamin hp akan ngebut -(Foto: pixabay/pexels)

PONSEL pintar makin lemot itu wajar. Tidak perlu bingung kenapa ini bisa terjadi. Penurunan kinerja ponsel terjadi karena pemakaian bertahun tahun. Sama seperti kendaraan, sering dipakai pasti kinerja kendaraan akan menurun.

Belum lagi di tengah pandemi. Mau tidak mau kamu jadi lebih sering menggunakan ponsel pintar dari hari biasanya. Semuanya sekarang serba online, dari sekolah, kuliah, hingga ngantor.

Baca juga:

Hindari Penggunaan Ponsel Pintar pada Saat-saat Penting Ini!

Saatnya beli ponsel pintar baru? Tidak juga. Daripada harus keluar uang, lakukan lima saran dari laman Indian Express berikut ini biar ponsel pintar kembali lancar jaya, antara lain:

1. Bersihkan RAM

Smartphone sekarang sudah dibekali RAM sampai 8GB (Foto: pixabay/PublicDomainPictures)

Biasanya ponsel pintar jadi lambat karena RAM sudah tidak tersisa. Salah satu akibat RAM penuh karena terlalu banyak membuka aplikasi atau multitasking. Maka dari itu kamu perlu melakukan pembersihan.

Caranya mudah, cukup tutup aplikasi yang sudah tidak digunakan. Kemudian lakukan pembersihan cache dengan langkah pergi ke setting > aplikasi > pilih aplikasi yang ingin dibersihkan cachenya > klik tombol clear cache.

2. Hapus file tak penting yang memakan memori

Memori penuh sehingga perlu menghapus data yang tidak perlu (Foto: pixabay/pashminu)

Berbeda dengan RAM, memori adalah penyimpanan pada ponsel yang biasanya digunakan untuk menyimpan foto, video, aplikasi yang didownload, dan lain-lain.

Karena banyak data yang memakan penyimpanan dalam skala besar, hapus data tersebut yang dirasa tidak terlalu berguna. Jika terlalu repot dan terlalu banyak, bisa menggunakan fitur "factory reset" yang disediakan ponsel pintar. Atau dengan cara lain bisa dengan mem-back up nya ke penyimpanan berbasis internet yang dikenal dengan cloud.

Baca juga:

Yuk, Putus Hubungan dengan Dunia Maya dengan Detoks Digital

3. Jangan gunakan live wallpaper

Gunakan static wallpaper agar cpu tidak panas (Foto: pixabay/FunkyFocus)

Live wallpaper memang membuat terkesan untuk memanjakan mata penggunanya. Namun di balik indahnya live wallpaper ternyata membuat CPU gawai menjadi bekerja secara keras. Dengan begitu CPU akan cepat panas dan terjadi kelambatan.

Lebih baik menggunakan static wallpaper karena membuat CPU tidak bekerja sangat keras.

4. Gunakan penyimpanan eksternal

Gunakan penyimpanan eksternal yang berkualitas (Foto: Pixabay wis_sind_klein)

Ponsel pintar berbasis sistem operasi Android terdapat tempat untuk memasukkan memori eksternal yaitu Micro SD. Sehingga data yang biasanya disimpan pada memori internal dapat dipindahkan ke penyimpanan eksternal. (ray)

Baca juga:

Jangan Pinjamkan Charger!


Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH