Kesehatan

Obat Tepat Redakan Batuk-Pilek pada Anak

Dwi AstariniDwi Astarini - Senin, 06 Juni 2022
Obat Tepat Redakan Batuk-Pilek pada Anak
Obat yang tepat bantu anak sembuh dari batuk dan pilek. (foto: pexels-cottonbro)

ANAK-anak sangat rentan terkena flu dan batuk. Musim penghujan bisa membuat frekuensi batuk dan pilek pada anak bertambah. Seperti disebutkan Hellosehat, anak-anak bisa mengalami batuk dan pilek hingga sembilan kali dalam setahun. Hal itu amat terkait dengan perkembangan sistem imun tubuh anak yang belum 100 persen.

Meski merupakan penyakit yang jamak pada anak-anak, pilek dan batuk tak bisa disepelekan. Pilek dan batuk bisa menjadi indikasi penyakit lain loh. Oleh karena itu, para orangtua amat disarankan untuk menyediakan obat flu, pilek, dan batuk di rumah.

BACA JUGA:

Atasi Masalah Pertumbuhan Anak dengan Terapi Growth Hormone

Namun, jangan asal pilih obat batuk dan pilek. Orangtua perlu memperhatikan bahwa kebutuhan kandungan obat batuk untuk anak dan dewasa berbeda. Kesalahan dalam memberikan obat bisa berbahaya bagi kesehatan dan menyebabkan efek samping.

pim tra kol
Kini tersedia obat batuk pilek yang bisa untuk dewasa dan anak-anak. (foto: dok PT PIM Pharmaceuticals)

Takaran obat batuk dengan jenis yang sama pasti berbeda kebutuhan antara dewasa dan anak-anak. Dokter umum di RS Randegansari Husada, Gresik, Jawa Timur, dr Wenata Utama Solaiman mengatakan takaran obat untuk anak berbeda karena ditentukan berat badan anak. Jika tidak sesuai, menurutnya, hal itu bisa menyebabkan overdose dan underdose. “Pada orang dewasa, lebih aman sesuai dengan berat badan universal," katanya dalam keterangan pers yang diterima Merahputih.com, Senin (6/6).

Meskipun kebutuhan obat berbeda, penderita batuk, pilek, dan influenza kini tidak perlu menyediakan dua macam obat yang berbeda untuk anak ataupun dewasa. Sudah tersedia obat batuk yangdiformulasikan khusus untuk dewasa dan juga bisa untuk anak. Obat batuk sirup Pim-Tra-Kol produksi industri farmasi PT PIM Pharmaceuticals diformulasikan untuk meringankan batuk, pilek, dan influenza.

"Produk ini sudah dikenal sebagai obat batuk pilek dan influenza yang bisa digunakan untuk dewasa dan anak-anak. Pim-Tra-Kol diformulasi dengan mengandung zat aktif paracetamol, guaifenesin, ephedrine HCL, dan chlorphenamine maleate sehingga mampu meringankan gejala flu seperti demam, sakit kepala, hidung tersumbat dan bersin-bersin disertai batuk,” jelas Quality Manager PT PIM Pharmaceuticals Bambang Rijanto. Selain itu, kata Bambang, PT PIM Pharmaceuticals juga menghadirkan seri Pim-Tra-Kol Kids untuk anak. Produk tersebut membantu meredakan batuk dan demam sesuai dosis yang tepat dan mempercepat penyembuhan,” kata Bambang.

Meski telah mengonsumsi obat batuk dan pilek, kamu perlu menghindari jenis-jenis makanan yang mengandung zat zat yang bersifat iritatif bagi mukosa tenggorok dan kelenjar reflek batuk. "Contohnya ialah micin dan zat pewarna yang keras," kata Wenata.

Wenata mengatakan batuk bisa saja menjadi berkah. "Penyebab batuk ialah reflek otot tenggorok untuk mengeluarkan benda asing dari mulut. Sebetulnya batuk ini sendiri merupakan berkah karena hampir semua zat dan komponen asing yang masuk ke tubuh dikeluarkan dengan reflek batuk,” jelasnya.(*)

#Kesehatan #Parenting
Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan