Obat PCC Marak, BPOM Terapkan Pengawasan Serentak

Eddy FloEddy Flo - Senin, 18 September 2017
Obat PCC Marak, BPOM Terapkan Pengawasan Serentak
Kepala BPOM Penny K Lukito di Jakarta (Foto: MP/Asropih)

MerahPutih.Com - Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) bergerak cepat terkait maraknya kasus penyalahgunaan obat PCC (Paracetamol Caffeine Carisoprodol). Kepala BPOM Penny K Luktio mengatakan pihaknya akan melakukan pengawasan serentak di seluruh Indonesia.

Penny K. Lukito mengatakan peran BPOM dalam menerapkan strategi pengawasan obat dan makanan berdasarkan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 3 tahun 2017 tentang Peningkatan Efektivitas Pengawasan Obat dan Makanan.

"Dimana pada Inpres tersebut Badan POM dalam meningkatkan efektivitas pengawasan obat dan makanan didukung 9 Kementerian dan Pemerintah Daerah, dalam hal ini Gubernur, Bupati, dan Wali kota," kata Penny di Gedung Badan POM Jalan Percetakan Negara, Jakarta Pusat, Senin (18/9).

Penny juga mengatakan, peran pengawasan itu sebagaimana diamanatkan Perpres No. 80 Tahun 2017 dijalankan oleh Deputi Bidang Penindakan. Tujuannya yakni mempertajam aspek penindakan dan memberikan efek jera bagi pelaku kejahatan kemanusiaan terkait obat dan makanan.

"Agar kasus penyalahgunaan obat tidak berulang, maka harus ada efek jera terkait sanksi pidana terhadap oknum pelaku kejahatan. Untuk itulah Badan POM RI membutuhkan payung hukum berupa Undang-Undang Pengawasan Obat," bebernya.

Badan POM terus memantau dan menindaklanjuti pemberitaan seputar obat PCC.Penny mengimbau agar masyarakat selalu berhati-hati mengonsumsi obat.

"Pastikan membeli obat hanya di sarana resmi seperti Apotek, Puskesmas, dan Rumah Sakit", ungkapnya.

Untuk itu, ia meminta kepada masyarakat untuk tidak mudah tergiur dengan obat murah yang ditawarkan seseorang atau pihak tertentu.

"Pastikan obat tersebut memiliki izin edar Badan POM", tutupnya.(Asp)

Simak berita menarik lainnya seputar obat PCC dalam artikel: Obat PCC Tidak Pernah Terdaftar Di BPOM

#Obat Palsu #Obat Kuat #PCC #BPOM #Badan Pengawas Obat Dan Makanan (BPOM)
Bagikan
Ditulis Oleh

Eddy Flo

Simple, logic, traveler wanna be, LFC and proud to be Indonesian
Bagikan