Obat Herbal untuk Atasi Mabuk Perjalanan Ilustrasi traveling (Sumber: Pixabay/Free-Photos)

MUAL, muntah dan pusing saat perjalanan memang menjadi salah satu masalah saat melakukan traveling. Alhasil, perjalanan yang seharusnya menyenangkan menjadi kacau. Apalagi muntah bisa menyebabkan lemas, dehidrasi kan kehilangan ion tubuh. Pada tingkat lanjut bisa menyebabkan dehidrasi parah.

Demi mengantisipasi mabuk perjalanan, beberapa orang sengaja meminum obat sebelum pergi. Sayangnya, obat-obatan tersebut sering menyebabkan kantuk. Oleh karena itu kali ini penulis akan memberikan solusinya. Karena sebenarnya ada lhoobat herbal yang bisa mencegah mual dan pusing saat perjalanan.

Dilansir dari Boldsky, berikut ini beberapa obat herbal yang bisa kamu gunakan saat mabuk perjalanan. Tentunya obat herbal ini tidak akan memberikan efek kantuk.

1. Jahe

Jahe (Sumber: Pixabay/Brett_Hondow)
Jahe (Sumber: Pixabay/Brett_Hondow)

Bumbu dapur yang banyak ditemukan di mana saja ini adalah antimuntah terbaik. Jahe akan membantu pencernaan sekaligus menghangatkan tubuh. Kamu bisa meminum teh jahe sebelum melakukan perjalanan. Selain itu untuk mengantisipasi hal tidak diinginkan kamu dapat membawa sebotol air jahe.

2. Cuka apel

Cuka apel (Sumber: Pixabay/rawpixel)
Cuka apel (Sumber: Pixabay/rawpixel)

Cuka apel mampu mencegah dan menghentikan muntah saat perjalanan. Caranya encerkan satu sendok teh cuka apel ke dalam satu cangkir air. Kemudian bilas mulutmu dengan larutan tersebut sebelum pergi. Kamu juga bisa melakukannya saat merasa mual.

3. Mint

Mint (Sumber: Pixabay/congerdesign)
Mint (Sumber: Pixabay/congerdesign)

Mint juga bisa menghentikan muntah. Kamu bisa membuat secangkir teh mint dengan merebus daun mint segar atau kering. Kemudian tambahkan madu ke dalam rebusan tersebut. Cara lainnya kamu bisa mengunyah langsung daun mint saat perjalanan. Aromanya akan menghentikan mual dan muntah.

4. Kayu manis

Kayu manis (Sumber: Pixabay/PublicDomainPictures)
Kayu manis (Sumber: Pixabay/PublicDomainPictures)

Kayu manis juga menjadi salah satu antimuntah yang paling populer. Kamu bisa membuat teh kayu manis dengan merebus beberapa batang kayu manis dalam air. Campurkan madu untuk menambah rasanya. Kayu manis juga bisa diberikan ke ibu hamil saat muat di pagi hari.

5. Air beras

Air beras (Sumber: Pixabay/moritz320)
Air beras (Sumber: Pixabay/moritz320)

Air beras mengandung zat tepung dan akan menetralkan asam lambung. Hal itu akan membuatmu berhenti mual dan muntah. Cara mengambil air beras untuk obat antimuntah adalah merebus beras ke dalam air hingga mendidih. Kemudian ambil airnya dan dinginkan.

6. Jus bawang

Bawang (Sumber: Pixabay/stevepb)
Bawang (Sumber: Pixabay/stevepb)

Terdengar aneh memang, tapi jus bawang memiliki khasiat yang bagus untuk menghentikan mual dan muntah. Caranya giling beberapa bawang lalu peras sarinya. Kamu bisa mencampurnya dengan ekstrak peppermint.

7. Cengkeh

Cengkeh (Sumber: Pixabay/Zichrini)
Cengkeh (Sumber: Pixabay/Zichrini)

Cara lain untuk mencegah mual dan muntah dengan cengkeh. Cobalah kunyah dan menelannya. Kamu juga bisa meminum madu untuk menentralkan rasanya. Selain sebagai antimuntah, cengkeh juga sangat baik untuk membantu pencernaan.


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH