Oase Kabinet Kerja Resmikan Gerakan 90 Detik Cegah Penyakit

Andika PratamaAndika Pratama - Minggu, 29 Juli 2018
Oase Kabinet Kerja Resmikan Gerakan 90 Detik Cegah Penyakit
OASE Kabinet Kerja seusai berdiskusi dengan Menkes Nila Moeloek. Foto: @OASE_KK

MerahPutih.com - Ketua Organisasi Aksi Solidaritas Era (Oase) Kabinet Kerja dr. Erni Guntarti meresmikan Gerakan 90 Detik sebagai upaya untuk mencegah dan mengurangi angka penyakit yang diderita masyarakat.

"Gerakan ini mungkin kita sudah laksanakan tapi belum secara masif. Kami ingin dengan informasi yang benar, masyarakat tahu bagaimana menjalani hidup sehat itu," kata dr. Erni Guntarti yang merupakan istri Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo dalam siaran pers di Jakarta, Minggu (29/7).

Dijelaskan, Gerakan 90 Detik yang disosialisasikan merupakan hal-hal sederhana yang bisa dilakukan dalam keseharian untuk menjaga kesehatan.

Dengan mengusung slogan #NKRISehat, Gerakan 90 Detik bertujuan mengurangi tingkat penyakit yang diderita masyarakat.

Ose Kabinet Kerja saat berdiskusi dengan Menkes Nila Moeloek. Foto: @OASE_KK

Sosialisasi seperti batuk, mulutnya harus ditutup, sebelum makan harus cuci tangan. Hal-hal sederhana yang sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Harapannya, angka penyakit bisa turun dengan memperbaiki kebiasaan.

Ia mengatakan sosialisasi Gerakan 90 Detik dilakukan dari orang ke orang, melalui situs #NKRISehat maupun media sosial.

Dalam kesempatan tersebut, Oase Kabinet Kerja juga mensosialisasikan bahaya penyalahgunaan narkoba dan mewaspadai kejahatan seksual.

Sejumlah istri para menteri Kabinet Kerja turut hadir dalam peresmian Gerakan 90 Detik tersebut.

"Yang hadir dalam peresmian ada istri Panglima TNI, istri Kemenhub Budi Karya, istri Mensos, istri Mendikbud, istri Kemenaker, ada dari KPPA (Komisi Perlindungan Perempuan dan Anak) dan ada perwakilan dari Menteri Desa," katanya.

Oase Kabinet Kerja adalah organisasi yang dibentuk Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan Ibu Wapres, Mufidah Jusuf Kalla pada Oktober 2014 dan beranggotakan istri-istri para Menteri Kabinet Kerja periode 2014-2019. (*)

#Oase Kabinet Kerja
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan