Nyontek Berjamaah, Orangtua Panjat Gedung Sekolah

Ana AmaliaAna Amalia - Sabtu, 21 Maret 2015
Nyontek Berjamaah, Orangtua Panjat Gedung Sekolah
CNN

MerahPutih Internasional – Menjelang Ujian Nasional (UN), bukan hanya siswa-siswi saja yang gusar dan galau, orangtua juga pastinya cemas akan ujian dari pemerintah itu. Sebab, ujian yang hanya berlangsung kurang dari lima hari ini menentukan masa depan anak yang sudah berjuang tak kurang dari tiga tahun sekolah.

Banyak orangtua yang mendaftarkan anak-anak mereka menjelang UN ke berbagai tempat Bimbingan Belajar (BIMBEL), agar anak memiliki waktu ekstra dalam menyerap pelajaran. Pihak sekolah pun mengadakan berbagai waktu tambahan belajar bagi para siswa dan siswi mereka.

Meski begitu, tindakan orangtua demi membuat anak-anak mereka lulus di India ini tak bisa dibenarkan, bayangkan saja, para orangtua nekat memanjat gedung sekolah untuk memberi contekan pada anak mereka yang sedang mengikuti ujian sekolah. (Baca: Pindah Kewarganegaraan Tergantung Peraturan Masing-Masing Negara)

Seperti yang dilansir CNN, sebuah video yang merekam puluhan orangtua memanjat gedung sekolah di distrik Hajipur, India, demi memberi contekan pada anak mereka ini sangat tak patut dicontoh.  (Baca: Waspada, ISIS Juga Rekrut Anak-Anak)

Demi anak-anak mereka lulus, para orangtua ini justru mengajari mereka untuk bersikap licik, curang, dan tak jujur. Hal ini menjadi peringatan keras bagi dunia pendidkan di India.

Menteri Pendidikan Bihar PK Shahi mengatakan kepada wartawan bahwa anak-anak tidak akan belajar jika mereka terus-menerus dibantu oleh anggota keluarga. "Pemerintah hanya bisa menampung pemeriksaan yang adil dengan bantuan orangtua, masyarakat dan anak-anak," katanya. "Ini adalah tanggung jawab bersama."

Bukan hanya orangtua, para saudara dan teman-teman siswa pun nekat memanjat gedung sekolah layaknya Spiderman untuk memberi kunci jawaban ujian.

#Ujian Sekolah #Nyontek #Sistem Pendidikan
Bagikan
Ditulis Oleh

Ana Amalia

Happy life happy me
Bagikan