Nyetir Sambil Main HP, Siap-Siap Kena Tilang Elektronik Ilustrasi e-tilang. Foto: Net

MerahPutih.com - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mulai hari ini Senin (1/7) secara resmi memberlakukan sistem Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) di kawasan Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat.

Plt Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Sigit Widjatmoko mengatakan bahwa sistem ETLE yang diterapkan pihak Polda Metro Jaya berjalan dengan baik dan lancar.

Plt Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Sigit Widjatmoko
Plt Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Sigit Widjatmoko. Foto: MP/Asropih

Lebih lanjut, Sigit menjelaskan, sistem kerja ETLE ini dapat memantau perilaku masyarakat di dalam kendaraan. Misalkan pengendara tengah bermain telepon genggam (HP) saat berkendara bahkan ETLE bisa merekam masyarakat yang tidak menggunakan sabuk pengaman.

BACA JUGA: Anies Rencanakan ASN Pemprov DKI Pakai Kostum Persija

"Sekarang sudah masuk dalam perilaku pengendara, pengendara itu misalnya tidak menggunakan seatbelt dan juga menggunakan handphone saat mengemudi," ujar Sigit saat dihubungi, Senin (1/7)

Sigit menyebut bahwa pihaknya hanya bertugas membantu pihak Kepolisian dalam mensukseskan penerapan sistem ETLE ini.

"Kalau suporting memang sama ya, porsinya petugas membantu sosialisasi, ikut membantu perambuan. Lebih dari itu sih," tuturnya.

Lebih lanjut, kata dia, pihak kepolisian akan mengirimkan surat tilang melalui pos ke alamat pelanggar yang terdaftar sesuai dengan kendaraan yang digunakan.

Nyetir main hp. Foto: Net

Nantinya, pengendara yang melanggar harus membayar denda sesui nominal yang sudah ditetapkan.

BACA JUGA: Tanggapan Anies Terkait Viral Status 'Tak Usah Pajang Foto Presiden Jokowi' di SMPN 30 Jakarta

"kirim surat By pos, diberikan waktu konfirmasi untuk memberikan penjelasan. Jika tak diselesaikan nanti pada wkatu perpanjangan STNK ada denda gitu," tutupnya (Asp)

Kredit : asropihs

Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH