Nyetir Mobil dan Hal-Hal Aneh Lain yang Dilakukan Tubuh saat Tertidur Percaya deh, tubuh bisa melakukan hal aneh dan mengejutkan saat tidur. (foto: pixabay.free-photos)

KAMU mungkin berpikir tubuh kamu statis atau diam saja saat tidur. Ternyata anggapan kamu salah besar. Faktanya, tubuhmu bisa melakukan hal-hal aneh saat tidur. Beberapa hal bahkan bakal bikin kamu tercengang saking anehnya.

Berikut hal-hal aneh yang dilakukan tubuh saat kamu tengah tertidur.


1. Jadi lumpuh total

sleeping
Tubuh lumpuh total saat tidur. (foto: pixabay/warintr)

Dalam kondisi terjaga, membayangkan diri dalam kondisi lumpuh total pastilah amat mengerikan. Padahal nih, saat tidur, tubuh kamu benar-benar lumpuh keseluruhan lo.

Selama fase tidur REM, kamu tidak akan bisa menggerakkan satu otot pun, kecuali otot-otot yang mengendalikan mata dan sistem pernapasan. Tujuannya ialah menjaga kamu dari memerankan gerak-gerik tubuh yang sedang kamu lakukan di alam mimpi.

Kelumpuhan tubuh saat tidur bersifat sementara, tapi dapat bertahan hingga sekitar 20 menit.


2. Merasa ingin jatuh

sleeping
Sentakan hipnagogik bikin terasa ingin jatuh. (foto: Pixabay/robertofoto)

Pernah mengalami sensasi bermimpi seperti terjatuh ke jurang sehingga kamu terbangun kaget di tengah malam? Kamu enggak sendirian. Sensasi aneh yang bikin deg-degan itu dikenal dengan sentakan hipnagogik.

Sentakan hipnagogik adalah kejang otot bawah sadar yang terjadi selagi seseorang tertidur. Hal itu biasanya terjadi di masa peralihan antara terjaga dan tidur lelap.

Para peneliti tidak yakin apa yang menyebabkan sensasi jatuh terebut. Namun, sentakan hipnagogik lebih mungkin terjadi ketika kamu tidur dalam keadaan sangat lelah, kurang tidur, atau stres.

Kondisi tersebut membuat otak ingin cepat-cepat tidur, tapi tubuh ketinggalan jauh untuk menyamai kecepatan otak.

3. Terangsang saat tidur

bed
Laki-laki ataupun perempuan sama-sama bisa terangsang saat tidur. (foto: pixabay/sasint)

Bagi pria, mengalami ereksi ketika tidur bukanlah hal baru. Ternyata hal serupa juga terjadi pada perempuan lo. Kondisi itu terjadi bukan hanya mimpi basah semata lo.

Hal itu disebabkan otak kamu yang bekerja lebih aktif saat berada di alam mimpi. Akibatnya, dibutuhkan lebih banyak oksigen. Secara otomatis, akan ada lebih banyak darah yang mengalir ke seluruh tubuh, termasuk ke area genitalia yang menyebabkan penis ereksi dan klitoris membengkak.

4. Sering buang gas

sleepy
Kamu akan buang gas lebih banyak saat tidur. (foto: sleepsavvy)

Saat tidur malam, otot cincin anus (sfingter) jadi melemas dan longgar akibat sistem tubuh yang bersantai. Akibatnya, kamu akan lebih sering kentut sepanjang malam. Untungnya, indra penciuman kamu juga jadi kurang sensitif selama tidur. Jadi kamu enggak akan menyadari adanya bebauan yang menyengat.


5. Bicara, berjalan, atau bahkan mengemudi saat lagi tidur

sleep-walker
Parasomia kerap terjadi pada tahap ketiga tidur. (foto: pixabay/engin_aykurt)

Tidur sambil berjalan, mengemudi, atau mengigau disebut dengan gangguan tidur parasomnia. Untungnya, sebagian besar kasus parasomnia tidak berbahaya. Kebanyakan parasomnia terjadi pada tahap ketiga tidur alias saat tidur sedang nyenyak-nyenyaknya. Hal itu yang membuat orang-orang sulit untuk dibangunkan.

Mengigau atau tidur sambil berjalan biasanya disebabkan kurang tidur atau efek samping dari obat-obatan tertentu.

Nah, kamu terkaget kan dengan hal aneh yang tubuhmu lakukan saat tidur?(*)



Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH