Nyaris Sejuta Penumpang Liburan Gunakan Kereta Api selama Libur Nataru Ratusan penumpang memadati pintu keberangkatan Stasiun Gambir, Jakarta. Foto: MP/Rizki Fitrianto

Merahputih.com - PT KAI telah memberangkatkan 823.191 penumpang untuk perjalanan KA Jarak Jauh maupun lokal selama libur Natal dan Tahun baru.

Dari jumlah tersebut 506.771 penumpang merupakan penggguna KA jarak jauh untuk keberangkatan dari Stasiun Pasar Senen, Gambir, Jakarta Kota serta Stasiun lainnya yang melayani naik penumpang KA jarak juh seperti Bekasi, Karawang dan Cikampek.

Kepala Humas KAI Daop 1 Eva Chairunisa optimis volume penumpang akan terus meningkat.

Baca Juga

PT KAI Upayakan Perjalanan KA Pangrango Normal Hari Ini

"Jumlah tersebut meningkat sekitar 8 persen jika dibandingkan program volume Nataru tahun lalu yakni sebanyak 760 ribu penumpang," kata Eva dalam keterangannya di Jakarta, Senin (30/12).

Adapun selama 18 hari masa Natal hingga Tahun Baru, Daop 1 Jakarta menargetkan dapat mengangkut hingga 820 ribu penumpang untuk keberangkatan KA Jarak Jauh.

Untuk mendukung masa angkutan Nataru 2019/2020 PT KAI Daop 1 juga memberangkatkan 13 KA tambahan per hari, dari jumlah tersebut 8 KA di antaranya keberangkatan Stasiun Gambir dan 5 KA keberangkatan Stasiun Pasar Senen.

Ratusan penumpang memadati pintu keberangkatan Stasiun Gambir, Jakarta, Senin. (Afut Syafril)
Ratusan penumpang memadati pintu keberangkatan Stasiun Gambir, Jakarta, Senin. (Afut Syafril)

Kesiapan juga dilakukan melalui penambahan petugas ekstra di berbagai bagian, di antaranya dari sisi keamanan terdapat penambahan petugas sebanyak 244 personil dari TNI/Polri yang dilengkapi dengan K9 khusus untuk Stasiun Besar Gambir dan Pasar Senen.

"Dari sisi pelayanan dilakukan penambahan petugas ekstra sebanyak 30 personil Costumer Service Mobile (CSM) dan 80 petugas informasi dari komunitas KA yang akan tersebar di sejumlah titik untuk membantu memberikan informasi sesuai kebutuhan penumpang," jelas Eva.

Sementara untuk memastikan keselamatan dan keamanan operasional KA, sekitar 179 petugas ekstra yang terdiri dari petugas pemeriksa Jalur, penjaga titik rawan dan penjaga perlintasan juga ditempatkan di berbagai lokasi.

Untuk layanan kesehatan penumpang PT Kai Daop 1 Jakarta juga menempatkan sekitar 32 petugas medis yang akan ditempatkan di Stasiun Gambir, Pasar Senen, Jatinegara, Cikampek dan Sukabumi.

Baca Juga

PT KAI Terus Berupaya Kereta Api Lintas Bogor-Sukabumi Normal Usai Longsor

"Layanan pemeriksaan kesehatan gratis untuk pengecekan umum seperti Kolesterol, Gula Darah dan Asam Urat juga akan dilaksanakan selama dua hari yakni pada tanggal 30 Desember 2019 di Stasiun Pasar Senen dan 31 Desember 2019 di Stasiun Gambir mulai pukul 13.00 WIB," sebut Eva.

Eva yakin, .elalui sejumlah upaya yang dilakukan, diharapkan angkutan Nataru 2019/2020 di area Daop 1 Jakarta dapat berjalan dengan lancar dan pelayanan penumpang dapat terlaksana dengan baik. (Knu)



Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH